Jalan-jalan ke SURABAYA Part 1

Sebagai kota bisnis kedua setelah Jakarta, Surabaya merupakan kota yang sangat menarik untuk dikunjungi.Dan menurut saya Surabaya wajib dikunjungi. Sebagai orang yang pernah lumayan lama, yaitu 4 tahunmenempuh kuliah di Surabaya, maka saya akan membagikan spot spot menarik yang wajib dikunjungi kalau pembaca semua menyempatkan singgah di Surabaya.

Pada  bagian 1 ini saya sajikan hotspot yang pernah saya kunjungi ketika terakhir ke Surabaya, yaitu  pada Bulan Agustus 2013.

 1. Ikon kota Surabaya, patung Sura dan Baya alias Ikan Suro dan Boyo (Buaya)

Lokasi patung ini terdapat di beberapa tempat, yaitu didepan Kebun Binatang Surabaya (KBS) yang lokasinya berada di tengah pusat kota dan ada  juga di Taman Skate Board, Jalan Ketabang Kali berdekatan dengan Plaza Surabaya atau orang lebih mengenal dengan sebutan Delta  Plaza.

Patung Suro dan Boyo.JPG

Patung  Ikonik Suro dan Boyo di Kebun Binatang Surabaya (KBS)

2.Tugu Pahlawan dan Museum 10 November Memperingati Surabaya sebagai Kota Pahlawan

Selain patung Suro dan Boyo, tentu saja Tugu Pahlawan adalah salah satu destinasi wisata ikonik dari kota Surabaya. Kita bisa berfoto-foto didepan tugunya dan tentu saja mengunjungi Museum 10 November yang letaknya persis didalam kawasan Tugu Pahlawan tersebut.

Tugu Pahlawan Surabaya.JPG

berfoto ditengah panasnya siang Kota Surabaya

Saya sempat mengunjungi juga Museum 10 November tersebut, sayangnya fotonya hilang ketika laptop saya hilang. Hiks, footo-foto Museum saya comot dari  Internet.

3.  Jembatan Suramadu, penghubung Pulau Jawa dan Pulau Madura

Ya, Jembatan (Tol) Suramadu adalah jembatan (tol) penghubung antara Kota Surabaya (Pulau Jawa)  dan Bangkalan (Pulau Madura).

Pintu masuk Jembatan Suramadu.JPG

Pintu masuk khusus sepeda motor Jembatan (Tol)  Suramadu

Jembatan Suramadu Malam Hari

Sumber :  Internet

4. Museum Sampoerna

Selain Museum 10 November, Surabaya juga punya Museum Sampoerna alias House of Sampoerna. Bagi yang ingin mengetahui sejarah rokok kretek di Indonesia, maka perlu mengunjungi Museum ini. Kesan kuno tua jauh jauh deh dari museum ini. Selain memiliki guide kece yang biasanya berasal dari mahasiswa di surabaya, kita juga akan disuguhkan secara langsung gimana pekerja Sampoerna membuat rokok kretek.

House of Sampoerna (1).JPG

House of Sampoerna

Pembuatan Rokok Kretek Live.JPG

Kita bisa melihat secara langsung orang membuat rokok kretek di House of Sampoerna kebetulan kosong karena pegawainya sedang istirahat (atau setengah hari, karena hari Sabtu)

Tak lupa kalau kita ke House of Sampoerna kita bisa ikut berkeliling menggunakan City Tour Bus dengan tema Surabaya Heritage Track. Untuk bisa mengikuti city tour tersebut lebih baik mendaftar jauh-jauh hari agar dapat free seat nya langsung tanpa antri.

5. Monkasel alias Monumen Kapal Selam ; Surabaya  Submarine Monument

Ingin melihat secara langsung dan masuk kedalam kapal selam? Jangan lupa mengunjungi Monumen Kapal Selam alias Monkasel yang letaknya bersebelahan dengan Surabaya Plaza (Delta Plaza). Untuk  informasi secara umum mengenai monkasel, bisa buka langsung webnya Monkasel.

Apabila punya waktu luang ketika berkunjung ke Surabaya, maka mampirlah ke Lapindo. Ya, peristiwa Lumpur Lapindo yang telah memusnahkan beberapa  desa di Sidoarjo layak dikunjungi untuk  mengenang betapa dahsyatnya kerugian akibat kerakusan manusia secara terus menerus mengeruk sumber daya mineral yang dimiliki oleh Bumi. Lokasi Kawasan Wisata Lapindo berada di daerah Porong, Sidoarjo. sekitar 90 menit jika ditempuh dari Surabaya.

Monumen Tragedi Lumpur Lapindo.JPG

Monumen Tragedi Lumpur Lapindo

Kawasan Wisata Lapindo (3).JPG

Monumen korban akibat Lumpur Lapindo

Masih terlihat  jelas akibat Lumpur Lapindo menyisakan kawasan yang rusak, bahkan hancur. Bahkan masih terlihat adanya asap yang terus menerus muncul di daerah tersebut.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s