Icon Bengkulu: Bunga Raflesia

Selain Pantai Panjang  Bengkulu juga terkenal dengan ke khasanya akan bunga Raflesia. Di Logo Bengkulu saja terdapat bunga Raflesia ini.
logo-lambang provinsi bengkulu Ya lihat saja terdapat gambar Bunga Raflesia pada Logo Provinsi Bengkulu. Bunga  Raflesia memang tumbuh subur di Bengkulu. Hanya saja susah-susah gampang deh buat menemukan bunga ini.

Tumbuh sepanjang tahun. Artinya bunga ini bisa mekar sepanjang tahun. Hanya  saja keberadaanya yang sulit, terkadang membuat wisatawan tidak beruntung mendapati bunga Raflesia ini. Bunga ini mekar hanya sebentar, sekitar 5  sampai 7 hari. Kondisi inipun bergantung cuaca. Bila kondisi sering hujan, maka bunga yang mekar bisa cepat layu dan membusuk.

Bunga mekar biasanya berada di daerah Argamakmur. Jika menuju ke daerah Curup dari Kota Bengkulu biasanya melewati  daerah ini. Untuk menjangkau bunganya sendiri berada di hutan, dibawah. Kita harus turun ke bawah menuju bunga yang mekar.

IMG_20160116_150805

Biasanya kalau ada bunga Raflesia mekar, maka di pinggir jalan akan ada petunjuk arah / papan pengunguman.

Kondisi menuju lokasi bunga menurun, jadi  berhati-hatilah. Jika kondisi tidak hujan, maka kondisinya kering, tapi jika kondisi hujan makan dipastikan akan becek dan licin. Jadi berhati-hatilah.

Kebetulan ketika saya menjumpai Bunga Raflesia yang mekar, kondisinya tidak begitu besar. Tapi lihat saja bentuknya sangat indah dan menarik, dan sedang mekar sempurna. Banyak yang mengira bahwa bunga Raflesia itu berbau tidakenak dan menyengat, padahal salah. Bunga ini sama sekali tidak berbau.

bunga-bangkai

Yang berbau adalah Bunga Bangkai, bukan Bunga Raflesia.

Saya sudah sah menjadi warga Bengkulu😀

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s