Wisuda!

Aaaarrrghhh agak telat sih upload ini blog. Mau posting pas wisudaan kemarin. Hahaaa, wisudanya tanggal 20 Agustus kemarin, sudah satu bulan lebih dan bahkan besok tanggal 9 Oktober teman-teman saya sudah ada yang diwisuda lagi. Kok deketan ?
Iya harusnya wisuda bulan Agustus itu dilaksanain pas bulan Juli dan merupakan wisuda sisipan, maksudnya teman-teman Unair yang nggak sempat masuk list wisuda bulan Maret itu kena jatah wisuda bulan Juli dan khusus teman-teman FISIP memang wisuda bulan Juli biasanya hanya beberapa departemen saja yang memang bisa mengajukan sidang sewaktu-waktu tanpa ada jadwal resmi dari Departemennya. Kalo di Departemen Politik FISIP Unair biasanya nggak ada mahasiswa yang diwisuda bulan Juli tapi berhubung wisudanya mundur bulan Agustus akhirnya ada sekitar 7 anak berhasil lolos dan ikut wisuda bulan Agustus. Sementara teman-teman yang nggak lolos ikut wisuda bulan Oktober besok.
Apasih wisuda ?
Yah menurutku sih nggak lebih selebrasi sesaat. Iya soalnya setelah capek-capek kuliah 4 tahun lulusnya diganjar dengan wisuda dan berhak menyandang gelar Sarjana. Hhhhmmmmhh, Sarjana orang bilang mahasiswa adalah masa dimana status kita diatas siswa yang lain karena status MAHA – SISWA. Tapi intinya sih memang berdasarkan statistik di Indonesia, hanya 10% total penduduk Indonesia atau hanya sekitar kurang dari 20% nya (berada diangka sekitar 18%-an) total penduduk usia aktif antara 19-24 tahun.
Jadi masih sedikit sekali jumlah orang yang bisa mengenyam pendidikan Sarjana di Indonesia ini. Saya termasuk orang yang beruntung bisa lulus saat ini. Sebab memang status orang tua saya hanyalah tamatan SMA bisa, kemudian kakak perempuan saya hanyalah tamatan Diploma 3. Tapi saya mearasa bahwa menjadi Sarjana di era sekarang bukan lagi menjadi sesuatu yang istimewa. Sebab yang saya rasakan tantangan saat ini adalah rendahnya kualitas pendidikan tinggi di Indonesia dan semakin mahalnya akses untuk mengenyam pendidikan tinggi tersebut.
Saya masih ingat ketika masuk kuliah 4 tahun lalu biaya SPP saya adalah 800 ribu per semester. Tetapi ketika saya masuk sudah ada jalur mandiri memang dan teman saya ada yang membayar SPP persemesternya 3,5 juta. Woow.
Sedangkan sekarang untuk jalur mandiri persemesternya untuk jurusan saya 4 juta. Sedangnya jurusan lain berkisar 4-6 jutaan. Bahkan unutk kedokteran sekitar 15 juta persemester. Meskipun memang ada uang kuliah tunggal yang berbeda-beda setiap mahasiswa tergantung penghasilan orang tua mereka. Untuk jurusan saya antara 0 rupiah sampai 7.5 juta. Hitungannya mahal banget😦
Tapi yah memang begitulah pendidikan di Indonesia. Saya masih ingat, ketika ngonbrol dengan teman dari luar negeri (eropa) bahwa kalau di Eropa ingin pendidikan yang bagus dan berkualitas maka perlu biaya jadi pendidikan mahal setara dengan kualitas yang mereka terima.
Ya sudahlah intinya sih saya sudah lulus sekarang, dan akan memasuki masa dunia kerja. Heheee
Semoga saya bisa melanjutkan pendidikan saya untuk S2 dan mengambil MM atau gelar MBA. Amiiiiiiin.
Ini beberapa foto yang pas wisudaan kemarin.
Acara wisuda sendiri digelar di Airlangga Convention Center dulunya sih sebelum di renovasi, dikenal dengan nama Auditorium Kampus C Unair.
Airlangga Convention Center
Sumber : dari google nemu di google maps

Foto bareng teman-teman
IMAG1634
IMAG1659

Foto bareng keluarga
IMAG1648
IMAG1644

This is the best moment!
Nesi, Solikhin dan saya.
Moga kita ketemu pas sudah sukses nanti yah.
Foto kiri diambil pas wisudanya Solikhin bulan Maret. Foto kanan diambil pas wisudaku bulan Agustus.
Harusnya ada satu lagi foto pas wisudanya Nesi bulan Oktober ini tapi berhubung saya sedang di rumah dan akan berangkat ke Jakarta untuk training kerja jadi tidak memungkinkan untuk hadir di wisuda Oktober besok dan Solikin juga lagi di jogja melanjutkan studinya di UGM.
Friends

Happy Graduation!

Leave a Reply

