Elysium with Sabaro Family

Ini postingan kemarin, kebetulan sama temen-temen eks-KKN, errr kita sih nyebutnya keluarga, Sabaro Family (ceritanya panjang kali lain kalo smepet saya posting). Niatnya emang mau nonton, nonton R.I.P.D Rest In Peace Police Departmenet, gara-garanya kemarin sempet liat trailernya pas nonton film kayaknya filmnya kocak bin lucu. Sayangnya kita nonton di XXI East Coast (PAkuwon City) dan kebetulan R.I.P.D ditayangin terakhir jam 5 sore, padahal kita mau nonton yang jam 7 alhasil berubah jadi nonton Elysium.
Saya sendiri masuk telat, hampir telat setengah jam gara-gara ada miss-komunikasi ama rombongan anak-anak. Ya udah si, akhirnya nonton juga. Trailernya temen-temen bisa liat disini.

FIlm yang bergenre science-fiction, mengenai the future world, dimana di tahun 2154 (berarti 141 tahun dari sekarang dunia sudah berbuah total. Adalah kehidupan di Elysium, yang semacam pesawat diatas bumi yang dihuni oleh kaum borjuis dengan segala kemewahan dan kecanggihan disana. Beda Elysium, beda pula di bumi, bumi disini sudah mengalami kehancuran, peperangan, kemiskinan, bahkan penyakit menyebar termasuk penyakit akibat radiasi. Hebatnya lagi bumi nanti sudah menggunakan teknologi IT super canggih dimana tiap orang sudah teridentifikasi melalui sistem IT kalo orang itu kena sakit otomatis akan terdeteksi bahkan sisa umur berapa hari saja bisa diketahui.

Elysium World


Adalah Maxx (Matt Damon) yang kemudian terkena radiasi dan sisa umurnya tinggal 7 hari (kalo nggak salah 7 atau 5 har gitu) berupaya menuju ke Elysium World menggunakan kapsul yang dimiliki oleh Spider (Wagner Moura). Akhirnya konflik mulai muncul upaya Maxx menyelamatkan dirinya sendiri. Maxx pun ditanamkan ‘tubuh robot’ pada dirinya untuk membantunya merebut otak dari ‘penghuni Elysium’ sebab penduduk ELysium memiliki penjaga robot masing-masing.
Sebetulnya di Elysium World sendiri sedang ada konflik, dan perpecahan ada upaya untuk menggulingkan rezim pemerintahan disana. Sebab semuanya ‘computerized’ dimana sistemnya menggunakan IT akan di reset ulang untuk menggunlingkan rezim yang ada. Tetapi rencana itu berubah ketika Maxx mencuri ‘otak’ tersebut. Maka terjadi aksi kejar-kejaran dan penyelamatan ‘otak’ Maxx.
Kalau mau lengkapnya mending nonton sendiri deh.
Ratingnya lumayan, dapet nilai 7.00 di IMD.b meskipun banyak dikritik juga. Gambaran filmnya memang canggih, dimana setiap orang sudah memiliki ID yang terintegrasi apakah dia penduduk pribumi atau penduduk ELysium. Kemudian manusia di Elysium kalau terkena sakit tinggal masuk ke tablet penyembuh dan badan mereka di sehatkan kembali, jadi sepertinya orang-orang future world tidak akan meninggal kecuali mereka terlambat dimasukkan ke tablet penyembuh tadi. Sedangkan kehidupan di Bumi sudah hancur total.
Saya melihat bahwa meskipun alur Elysium menggambarkan masa depan dunia, tapi film ini menyindir kehidupan saat ini. Dimana saat ini gap yang terjadi antara yang kaya dan miskin sangatlah nyata khususnya dibidang kesehatan. Banyak ornag kaya bisa membeli dan menyembuhkan penyakit melalui peralatan canggih tapi masyarakat miskin hanya bisa pasrah padahal hak untuk hidup, hak untuk sehat dimiliki oleh semua orang. Kemudian gambaran kehidupan canggih Elysium dengan kehidupan robotnya, mungkin saja terjadi.
Saat ini sudah banyak project untuk membuat robot, dan bahkan project 2045 Initiative, sebagai salah satu project pembuatan robot-avatar-mirip-manusia akan sedang berlangsung, dan bahkan bisa saja saat ini sedang dilakukan pembuatan Elysium World. Akses internet yang dipegang oleh segelintir orang, adanya akun facebook, twitter, email merupakan salah satu ID manusia di dunia maya. Hal ini merupakan salah satu identitas yang mungkin saja dikemudian hari identitas ini menjadi ID manusia seutuhnya.
Internet merupakan hal yang bebas, terbuka dan paling tidak aman. Bagi saya sendiri siapalah saya ini, mungkin tidak menjadi soal. Tapi bagi pejabat dan petinggi, kepemilikan akun email dan sosial media yang lain adalah hal yang rahasia dan privasinya sangatlah dijaga.
Bisa saja saat ini sedang ada program rahasia yang tiba-tiba muncul di berapa tahun kemudian bahwa manusia bisa hidup diluar Bumi, di tempat semaca Elysium World. Konspirasi.
πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s