SNMPTN 2013

Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri alias SNMPTN sudah mulai digelar sejak jauh-jauh hari. Wah telat, banget postingannya. Iya soalnya selain belum sempet cari info tentang SNMPTN, masih rada bingung juga dengan mekanisme SNMPTN 2013 ini. Sempet nyari-nyari baru sadar ternyata SNMPTN tahun ini GRATIS. Horay, enak banget nih, tapi hampir sama dengan tahun lalu bedanya SNMPTN ini sekarang mekanismenya mirip dengan SNMPTN Jalur Undangan tahun lalu. Jadi SNMPTN kali ini memang diprioritasnya melalui jalur undangan alias menggunakan nilai rapor. Loh loh, lantas gimana dengan Jalur Ujian Tulis nya yang selama ini lebih dikenal daripada Jalur Undangan. Tahun ini tetep ada cuma berbeda namanya jadi SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Jadi begini, buat calon mahasiswa sekarang alias anak-anak SMA kelas 3 pasti sudah dikit ngerti dengan yang namanya Jalur Undangan, Jalur Ujian Tulis atau Jalur Mandiri. Singkatnya saja yah tak jelasin, soalnya kadang ketika anak mau jelasin ke orang tuanya ada beberapa orang tua masih belum paham dan bingung dengan pola penerimaan mahasiswa baru saat ini akibat banyaknya istilah seleksi masuk mahasiswa.

Awalnya dulu penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia dikenal ada PMDK dan SPMB. PMDK alias Penerimaan Minat Dan Bakat ini dijaring berdasarkan nilai rapor yah kalo dibandingin sama sekarang sama saja dengan Jalur Undangan. Tapi kuota PMDK bisa dikatakan sedikit dan yang terseleksi bener-bener anak dengan nilai rapor TOP dan bagus-bagus dan emang pinter-pinter. Terus ada juga SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) atau yang sekarang dikenal dengan SNMPTN Jalur Tulis (tahun lalu) atau SBMPTN, tahun ini *bikin bingung*. Eh masih ada lagi jalur mandiri yang diadakan oleh PTN masing-masing. Lah kalau yang terkahir adalah seleksi mandiri. Seleksi ini bebas, dan tiap PTN berbeda-beda istilahnya seperti SIMAK UI yang pasti hampir semua anak tahu. Eh tahun ini ITB kembali menghapuskan seleksi mandiri, sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Yang berbeda adalah UGM tahun ini akan kembali membuka jalur mandiri mereka setelah dua tahun lalu dihapuskan (infonya disini).

1. SNMPTN 2013

Kalau berbicara SNMPTN maka saat ini adalah jalur seleksi melalui nilai rapor. Untuk jadwal dan seleksiannya sudah berjalan dan terakhir penutupannya tanggal 8 Maret besok. Jadi saya sendiri tidak terlalu banyak tahu mengenai info SNMPTN ini, mungkin teman-teman bisa menghubungi bagian Kesiswaan di sekolahnya masing-masing.

Untuk Jadwalnya ini saya dapatkan dari situs resmi SNMPTN.

Pengisian PDSS 17 Desember 2012 – 8 Februari 2013 dan selanjutnya diisikan secara berkala setiap akhir semester
Pendaftaran 1 Februari – 8 Maret 2013
Proses Seleksi 9 Maret – 27 Mei 2013
Pengumuman Hasil Seleksi 28 Mei 2013
Pendaftaran Ulang yang Lulus Seleksi 11-12 Juni 2013

Info lengkap SNMPTN 2013 buka disini.

2. SBMPTN 2013

Seleksi Bersama Masuk PTN tahun ini diikuti oleh 61 (atau 62) PTN seluruh Indonesia. Sebenarnya sama saja dengan SNMPTN Jalur Tulis tahun lalu hanya berbeda istilahnya. Tapi sayangnya pemerintah tahun ini masih belum menetapkan tanggal pasti pelaksanaan SBMPTN. Agak rancu juga, sebab berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya biasanya jadwal jalur tulis sudah keluar jauh-jauh hari. Seperitnya niat pemerintah untuk mulai menghapuskan SNMPTN Jalur Tulis sedikit demi sedikit akan diwujudkan.

Info detilnya masih belum ada. Hanya dapet infonya dari Okezone ada juga info SBMPTN tpi sepertinya ini situs bukan situs resmi karena menggunakan domin web.id, tapi minimal temen-temen bisa baca-baca dulu. Ini situsnya disini.

Sebenarnya hampir sama dengan tahun lalu dimana pola seleksinya terbagi menjadi IPA/IPS dan IPC. Temen-temen bisa memilih salah satu diantaranya. Kalau IPA/IPS biasanya hanya 2 program studi, dan IPC 3 prodi. Tapi kalau IPC minimal teman-teman memilih satu prodi yang bukan jurusannya. Maksudnya gini, kalau teman-teman milih IPC, 2 prodi memilih IPA maka harus ada 1 prodi IPS. Begitu pula sebaliknya, kalau 2 IPS maka 1 IPA. Untuk info lain sepertinya sama seperti tahun lalu teman-teman bisa bebas memilih PTN dimanapun, meskipun bukan regionnya jadi lebih enak.

Akhirnya jadwaln SBMPTN 2013 sudah dirilis, teman-teman. Yup dengan dirilisnya jadwal ini maka hampir dipastikan setelah ini keluar jadwal Ujian Mandiri untuk PTN. Sebab ujian mandiri memang tidak akan dijadwalkan berbenturan dengan SBMPTN, atau ujian tulis. Hampir dipastikan teman-teman yang tidak lolos SNMPTN pasti akan mencoba SBMPTN ini.

Berikut jadwal SBMPTN 2013 secara lengkap:
10 Mei – 4 Juni 2013 Masa pembayaran biaya seleksi via Bank Mandiri.
13 Mei – 7 Juni 2013 Pendaftaran secara online.
18 – 19 Juni 2013 Ujian tertulis.
20 dan/atau 21 Juni 2013 Ujian keterampilan.
             12 Juli 2013 Pengumuman hasil seleksi.

Asyiknya (baru saja tak baca) kalau tahun ini seluruh pilihan IPA/IPS atau IPC bisa memilih 3 progra studi. Artinya kesempatan kamu masuk PTN semakin besar. Kenapa ? Sebab ada strategi yang bisa diterapkan, yakni pilihan 1 dan 2 kamu bisa memilih yang memiliki tingkat persaingan tinggi, sedangkan yang terakhir kamu bisa pillih yang memang memiliki tingkat persaingan tidak terlalu ketat agar kamu bisa masuk PTN.

3. JALUR MANDIRI

Kalau jalur mandiri ini hampir semua PTN punya, hanya saja jadwalnya masih belum keluar sebab pemerintah masih belum pasti melaksanakan kapan penyelenggaraan SBMPTN dikhawatirkan nanti jadwalnya bertabrakan. Hanya saja untuk situs remsinya sudah ada, teman-teman bisa sering membuka dan update jadwal pelaksanaan jalur mandiri. Berikut beberapa info jalur mandiri.

a. SIMAK UI – Seleksi Masuk Universitas Indonesia

Seleksi mandiri milik UI ini sudah banyak dikenal oleh calon mahasiswa baru yang memburu kampus Yellow Jacket ini.

Untuk infonya please check this site. Jadwal SIMAK UI sudah keluar hanya saja masih bisa berubah-ubah.

No Kegiatan Program Pendidikan Pendaftaran Online Seleksi Masuk Pengumuman
1. SNMPTN S1 reguler 1 Februari – 8 Maret 2013 28 Mei 2013
2. Prestasi Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) Vokasi D3 13 Februari – 31 Maret 2013 28 Mei 2013
3. Prestasi Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) S1 Paralel S1 Paralel 13 Februari – 31 Maret 2013 28 Mei 2013
4. Talent Scouting S1 Kelas Internasional 13 Februari – 31 Maret 2013 28 Mei 2013
5. SIMAK UI – Pascasarjana Gasal Gel.1 Profesi, Spesialis, Magister(S2), Doktor (S3) 18 Februari – 5 April 2013 14 April 2013 19 Mei 2013
6. SBMPTN S1 Reguler 1 – 31 Mei 2013 11-12 Juni 2013 7 Juli 2013
7. SIMAK UI D3, S1 Reguler, S1 Paralel 6 – 31 Mei 2013 16 Juni 2013 12 Juli 2013
8. SIMAK UI – Kelas Internasional S1 Kelas Internasional 6 – 31 Mei 2013 9 Juni 2013 12 Juli 2013
9. SIMAK UI – Pascasarjana Gasal Gel.2 Profesi, Spesialis, Magister (S2), Doktor (S3) 6 – 31 Mei 2013 16 Juni 2013 12 Juli 2013
10 SIMAK UI – Ekstensi S1 Ekstensi (jenjang lanjutan D3 ke S1) 17 Juni – 19 Juli 2012 28 Juli 2013 15 Agustus 2013
11 SIMAK UI – Pascasarjana Genap (Gel.3) Profesi, Spesialis, Magister (S2), Doktor (S3) 7 Oktober – 1 November 2013 1 Desember 2013 29 Desember 2013

NB : di web SIMAK UI sudah ada link download soal-soal SIMAK tahun lalu. Wah enaknya.

b. UM UGM – Ujian Masuk Universitas Gadjah Mada
Sempat ditiadakan Seleksi Mandiri UGM kembali diadakan, hanya saja masih belum ada jadwalnya juga. Hanya saja sepertinya UGM sudah mengadakan seleksi masuk untuk Kelas Internasionalnya.

Info UM UGM buka disini.

c. USM ITB – Ujian Saringan Masuk Institut Teknologi Bandung

ITB menghapuskan program seleksi mandirinya hanya saja tetap bisa membuka infonya disini untuk info penerimaan jalur program transfer (ini program khusus bagi yang ingin transfer kuliah ke ITB, hanya saja syaratnya ketat sekali). Atau kalau kamu mahasiswa dari luar negeri ingin kuliah di ITB bisa mencari infonya disana juga.

d. Jalur Mandiri UNAIR – Universitas Airlangga

Untuk jalur mandiri UNAIR teman-teman bisa membuka infonya disini, sayangnya masih belum ada jadwalnya juga. Kemungkinan seperti tahun lalu, jalur mandiri UNAIR akan diadakan dua kali dan bisanya selisih waktunya sangat berdekatan. Atau mungkin teman-teman ingin mencari info lain tentang Kelas Internasional Unair, bisa juga masuk ke situs Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Airlangga.

Jadwal Ujian Mandiri UNAIR sudah keluar. Yippi! Sayangnya untuk tahun ini UNAIR hanya membuka satu kali jalur Mandiri. Untuk kuliah di Unair, teman-teman bisa mencoba Jalur Diploma (D3) atau Kelas Internasional (khusus FK, atau Kelas Internasional jurusan lain untuk mahasiswa asing). Untuk Jalur D3 sendiri Unair mengadakan sebanyak 2 kali. Artinya kalau nggak masuk Unair buat Sarjananya, bisa masuk ke D3nya. Disini ada jadwal yang memang saya copy paste dari web PPMB Unair.

Gelombang I Diploma Unair

KEGIATAN WAKTU
Pembayaran Biaya Ujian 6 – 29 Mei 2013
Pendaftaran Online 6 – 29 Mei 2013
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 27 – 31 Mei 2013
Berlangsung pada pukul 08.00 – 16.00 WIB
Pelaksanaan Ujian 2 Juni 2013
Pengumuman Hasil Ujian 5 Juni 2013
Registrasi Mahasiswa Baru 13 – 14 Juni 2013

Diploma Unair Gelombang II

KEGIATAN WAKTU
Pembayaran Biaya Ujian 8 – 27 Juli 2013
Pendaftaran Online 8 – 29 Juli 2013
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 24 – 29 Juli 2013
– Berlangsung pada pukul 08.00 – 16.00 WIB
– Hari Sabtu dan Minggu libur
Pelaksanaan Ujian 31 Juli 2013
Pengumuman Hasil Ujian 2 Agustus 2013
Registrasi Mahasiswa Baru 14 – 16 Agustus 2013

Kelas Internasional
Foreign Student

ACTIVITY SCHEDULE
Document Verification June 22nd, 2013 
Written Test June 23th, 2013 

Indonesian Student for International Class

ACTIVITY SCHEDULE
Registration Fee Payment May 27th – June 19th, 2013
On Line Registration May 27th– June 21st, 2013
Document Verification June 19th – 21st, 2013
Written Test June 23nd, 2013

Jadwal Ujian Mandiri UNAIR 2013

KEGIATAN WAKTU
Pembayaran Biaya Ujian 17 Juni – 17 Juli 2013
Pendaftaran Online 17 Juni – 19 Juli 2013
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 15 – 19 Juli 2013
Berlangsung pada pukul 08.00 – 16.00 WIB
Pelaksanaan Ujian 21 Juli 2013
Pengumuman Hasil Ujian 24 Juli 2013
Registrasi Mahasiswa Baru 29 – 31 Juli 2013

e. SMITS (Seleksi Masuk ITS)

Tahun ini ITS kembali mengadakan SMITS. Infonya bisa dilihat disini.

f. UM UNDIP – Ujian Masuk Universitas Diponegoro

Info UM UNDIP

g. SMUP – Seleksi Masuk Universitas Padjajaran

SMUP UNPAD

h.UTM IPB – Ujian Talenta Masuk IPB

Info UTM IPB coba cek disini.

i. SELMA UB – Seleksi Masuk UB

SELMA UB

j. SPMB UNS – Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Sebelas Maret

SPBM UNS

k. SMPB UNSOED – Seleksi Masuk Universitas Jendral Soedirman

SPMB UNSOED

l. USM UNSRI – Ujian Saringan Masuk Universitas Sriwijaya

USM UNSRI

Nggak semuanya bisa tak posting, mungkin paling enak teman-teman bisa googling aja yah😀

Ada beberapa info yang bisa saya sampaikan terkait beberapa jenjang akademik atau seleksi masuk

Vokasi, Sarjana, Alih Jalur, Kelas Internasional, apa itu ?

Mungkin masih ada yang bingung beberapa istilah jenjang pendidikan diatas. Bisa saya jelaskan secara ringkas.

  • Vokasi adalah jalur masuk setara Diploma, bisa D1, D2, D3 atau D4. Tapi biasanya universitas saat ini menyelenggarakan program D3/D4.  Vokasi ini pada dasarnya setara dengan tenaga ahli macam lulusan SMK. Jadi ketika kamu kuliah diploma maka akan lebih banyak praktek bila dibandingkan dengan gelar Sarjana yang lebih banyak teorinya. Beberapa lulusan D3 bisa melanjutkan ke S1 melalui seleksi masuk Alih Jalur/Alih Jenjang/Seleksi Ekstensi. Hanya saja saat ini semakin sedikit kampus yang membuka alternatif tersebut sebab ada beberapa perbedaan ketika kamu lulusan D3 masuk ke S1 maka akan ada penyesuaian mata kuliah melalui matrikulasi yang menyebabkan kuliahmu di S1 bisa sedikit lebih lama. Kecuali kamu melanjutkan kuliah di tempat yang sama misal kuliah D3 di UI, lanjut S1 Ekstensi UI maka biasanya penyeseuaiannya lebih gampang. Karena memang seharusnya jenjang D3 itu kemudian dilanjutkan dengan D4 karena D4 itu pada dasarnya setara Sarjana Sains Terapan tetapi di Indonesia sedikit sulit menyetarakan D4 dengan S1 dan beberapa menemui kendala ketika akan melanjutkan gelar S2 mereka. Meskipun sudah ada Surat Edaran DIKTI yang menyatakan bahwa D4 setara Sarjana. But, nggak masalah toh dengan gelar Diploma umumnya banyak yang langsung kerja karena memang mereka kompeten dibidang praktek.
  • Sarjana, kalau gelar ini sudah banyak yang tahu yah. Sarjana atau S1 memang yang paling banyak dipakai saat ini. Untuk program studi pun banyak pilihannya sesuai minat dan bakat teman-teman. Standar kuliah S1 adalah 8 semester atau 4 tahun. Tapi saat ini dengan model ringkas banyak yang bisa menyelesaikanya 3 tahun atau 3,5 tahun. Bahkan mulai bermunculan kelas akselerasi S1 dan S2, jadi ketika teman-teman di semester akhir S1 bisa nyambi kuliah S2 (beberapa PTN mulai mengadakan program ini, tetapi dengan program studi linear).
  • Alih Jalur/Alih Jenjang/ Ekstensi ini pada dasarnya memberikan kesempatan bagi lulusan D3 khususnya yang ingin melanjutkan ke S1. Seperti penjelasan diatas, nggak semua kampus punya kelas alih jalur saat ini. Hanya kampus tertentu saja, so cari info yang banyak. Beberapa kelas alih jalur memang khusus malam, sebab banyak yang mahasiswanya sudah kerja, kemudian melanjutkan jenjang pendidikan mereka. Tapi nggak sedikit yang memang alih jalur sama dengan kelas reguler dan tidak ada perbedaa, hanya saja umumnya ada matrikulasi untuk menyetarakan.
  • Kelas Internasional ini sedikit berbeda dengan kelas reguler sebab umumnya menggunakan bahasa pengantar bahasa inggris dan beberapa diantaranya mengadakan program kamu akan kuliah di dua tempat, di kampus mu dan kampus mitra sehingga nanti kamu akan dapat dua gelar, yaitu Sarjana (Indonesia) dan Bachelor (luar negeri). Kamu mesti benar-benar memilih mana yang memang Kelas Internasional atau hanya Kelas Bahasa Inggris. Sebab ada yang mengaku Kelas Internasional ternyata cuma menggunakan bahasa inggris sebagai pengantarnya. Seharusnya Kelas Internasional adalah kelas yang juga mampu mengadakan program Dual-Degree alias gelar ganda, gelar Indonesia dan gelar yang diakui internasional.
  • Dual-Program adalah program ganda. Maksudnya kamu bisa kuliah dua, misal kamu ambil Teknik Informatika dan Ilmu Komunikasi maka kamu bakalan dapet Sarjana Komputer dan Sarjana Sosial (Komunikasi). Atau bisa juga kamu ambil Ilmu Komputer dan Manajemen maka setelah lulus kamu bakal dapet Sarjana Komputer dan Sarjana Ekonomi. Program ini sebenernya bertujuan agar mahasiswa bukan hanya punya bekal satu ilmu saja tapi bisa dua dan bisa di combine nantinya sehingga ketika kerja maka kamu bisa langsung dapet skill yang mumpuni.

Mahal mana SNMPTN atau Jalur Mandiri ?

Pertanyaan standar lain adalah jalur mandiri itu mahal yah ?

Jawaban secara umum memang IYA. Tetapi tidak semuanya, seperti UI jalur mandiri SIMAK UI menggunakan BOP Berkeadilan, sedangkan di UNAIR, UNDIP dan kampus lain yang saya tahu Jalur Mandiri yah memang jalur mahal sebab secara jelas dan tegas DIKTI melalui webnya disini menjelaskan bahwa Seleksi Mandiri dibebankan kepada PTN dan beban biaya diserahkan KEPADA PESERTA. So, sudah jelas kan bahwa Jalur Mandiri secara umum memang MAHAL. Bahkan beberapa universitas untuk jalur SNMPTN saat ini mahal dan menerapkan Uang Pangkal *beruntung saya masuk SNMPTN dan masih murah*. Jadi cari info sebanyak-banyaknya di internet. Saya sendiri tidak tahu detil mengenai tiap kampus sebab masing-masing memiliki otonomi yang berbeda.

Mungkin ini sedikit info yang bisa saya share kan. Tapi saya dengan tegas menjelaskan bahwa saya TIDAK BERHUBUNGAN dengan Penerimaan Mahasiswa Baru PTN, saya bukanlah CALO seleksi mahasiswa, dan info yang saya dapatkan juga dari internet. Sebab pengalaman tahun lalu banyak yang mengira saya calo PTN -_________- *parah banget* atau menghubungi sekadar tanya tanggal seleksi masuk PTN *dikira saya bawa kalendar kemana-mana* bahkan sampai marah-marah gara-gara ga saya balas smsnya *pulsa kosong woy*.

Please, temen-temen kan sudah canggih dan pintar-pintar semua. Kalau butuh info lebih banyak mending kirim ke email saya atau komen dibawah😀 atau cari di internet. Internet adalah gudang informasi TERUPDATE saat ini. Dan kalau PTN belum memberikan tanggal seleksi mandiri di web mereka, please jangan marah-marah ke saya karena saya bukan pegawai universitas. LOL.

Thanks.

Tulisan terbaru, Wujudkan Mimpimu Berkuliah.

4 thoughts on “SNMPTN 2013

  1. indo says:

    Mandiri unair salah tuh tanggalnya.. harapanku sih gitu tanggalnya biar msh sempet daftar tapi di web ppmb beda. Hmm.. berharap ada gelombang 2

  2. Aida says:

    maaf sebelumnya, saya baru saja membuka web unair dan informasi tgl pendaftaran ujian mandiri program dilploma gel. 2 berbeda dengan yang ada di sini. yang benar yang mana ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s