THE RAID : FILM LAGA ALA INDONESIA

the Raid Poster

the Raid Poster

Setelah memproduksi Merantau, Indonesia kembali memproduksi film laga, yaitu The Raid. Film yang mengangkat olahraga Pencak Silat ini kabarnya sudah tembus sampai ke Mancanegara. Sudah diikutkan di beberapa Festival Film Dunia dan mendapatkan respon yang positif. Kemarin saya baru saja menontonnya, bareng sama temen-temen kampus. Untuk penilaian, cukup bagus. Saya dulu nonton Merantau, lumayan bagus, karena filmnya tidak full action. Untuk The Raid dari jalan ceritanya sedikit dibawah Merantau, karena saya bisa dikatakan hampir tidak ada cerita yang ingin disampaikan.

Jadi dimulai dari sekelompok polisi (entah polisi dari tim apa) yang berniat memburu sekawanan penjahat ya berada di sebuah apartemen (mungkin tepatnya rusunawa yah). Apartemen itu sebenarnya juga dihuni orang biasa, cuma penjahat tersebut memiliki peralatan sehingga jika ada penyusup macam polisi bisa segera diketahui dan dihabisi.

Aksi laga sudah ditampilkan dari awal film. Lumayan bagus dengan beberapa adegan yang bikin tegang. Tapi kelamaan lumayan membosankan dan bikin boring. Pendapat subyektif saya, terlalu full action. Beberapa adegan yang non-action juga terlihat kurang alamiah, mungkin penyebabnya pemainnya yang memang bukan aktor asli sepertinya. Hanya beberapa pernah liat wajahnya tapi nggak tahu namanya. Ada Daniel Mananta Joe Taslim yang mirip Daniel, tapi kok berasa cuma jadi pameo. Main dikit, udah gitu kalah pula tarungnya. Ckckckckck.

Menurut ku memang bagus si. Masalah terlalu full action, mungkin ini salah satu film Indonesia yang ingin dibuat lebih menarik dan meminimalkan anggaran. Sebab dengan lokasi syuting yang kebanyakan indoor maka harga bisa lebih hemat dan ditekan. Karena penggunaan kameranya memang sudah ciamik (menurut teman Sinematografi saya). Saya bukan ahli film, cuma memang menurut saya sudah terlihat bagus, sebab banyak adegan-adegan yang terlihat semakin menengangkan ketika di shoot.

Tapi kembali lagi, semoga film ini membawa perubahan bagi film laga Indonesia. Sehingga semakin lama sineas kita bisa meracik film laga dengan cerita yang dikemas lebih apik.

2 thoughts on “THE RAID : FILM LAGA ALA INDONESIA

  1. ANANG HAMDY says:

    Mas Topik, tolong kami ya. Kami (DI pULAU lOMBOK, PROP NTB) sedang nyusun naskah film laga SILAT MENGONGMANGENG (SM) 001.
    SM adalah Silat yang dibuat oleh asli putra Lombok bernama ANANG HAMDY. SM tidak sama dg Pencak Silat. Perbedaannya adalah SM TIDAK PAKAI PENCAK (TARIAN).. SM adalah sejenis beladiri untuk “TARUNG BEBAS DI LUAR ARENA” (non tournament). SM tidak mengajar muridยฒ menangkis serangan (SM tidak punya jurus menangkis).
    SM insyaAllah bisa mengatasi serangan jenisยฒ bela diri yg berasal dari luar negeri. Saya cinta produksi dalam negeri; saya ingin melestarikan Silat/SM lewat filmยฒ laga dalam kisah MEMBERANTAS KEJAHATAN.
    Selain SM tangan kosong, ada juga ilmu PEDANG MENGONGMANGENG ZS.
    Tolong berikan kami arahan dan saran. Kami siap kerjasama dg Mas Taufik.
    Terimakasih
    ANANG HAMDY
    Ph 0370 630359
    Mp 087 865 338 893
    yis_org@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s