ELITE POLITIK : KAJIAN SINEMA FILM GOD FATHER PART II

1. Bagaimana detail- detail elit politik dan ekonomi merebut dan memperluas kekuasaan?

Dimulai dari pembunuhan ayah Vito oleh pesaing bisnisnya, yaitu Don Antonio yang kemudian menjadi awal tragis kehidupaannya. Ayahnya dibunuh karena dianggap sebagai pesaing kuat bisnis Antonio. Maka jalan satu-satunya adalah mengenyahkan pesaingnya. Hal tersebut kemudian menjadi alasan kuat Antonio untuk menghabisi seluruh keluarga Vito. Antonio beranggapan, jika tidak dihabisi semuanya, maka dikhawatirkan suatu saat nanti, mereka akan balas dendam terhadapnya. Ibu dan kakaknya pun menjadi korban pembunuhan. Vito pun juga menjadi sasaran berikutnya, akan tetapi Vito lolos dan hijrah ke Amerika untuk memulai hidup baru.

Elit ekonomi sangatlah memiliki andil yang sangat besar dalam menjalin dan memperluas kekuasaannya. Hal ini terlihat saat Michael Corleone menjalin hubungan dengan Senator Nevada. Hal tersebut sangat jelas bagaimana terdapat sebuah lobi-lobi politik dari elit ekonomi (michael) untuk mendapatkan kemudahan dalam mengembangkan bisnisnya di Nevada dan transaksi tersebut juga memperlihatkan adanya timbal balik keuntungan yang diinginkan senator sebagai pihak yang diajak kerjasama. Michael sepertinya memilii andil dalam kehidupan senator tersebut. Elit ekonomi memperluas kekuasaannya dengan cara “ bekerja sama “ dengan elit ekonomi yang lain. Kerja sama ini bisa dikatakan saling menikam antara yang stau dengan yang lain. Walaupun namanya kerja sama namun terkadang tujuannya untuk menghancurkan koleganya sendiri. Selain itu, cara elit ekonomi memperluas kekuasaannya adalah dengan memberikan tongkat estafet usahanya pada keturunannya. Dalam film ini tampak jelas sekali bahwa istri Michael sengaja mengaborsi janinnya sendiri karena tidak mau anaknya menjadi the next of mafia, dan Michael terlihat sangat marah atas hal ini. Elit ekonomi sering mendekati para elit politik agar mereka diperbolehkan membangun kerajaan usahanya seperti judi, dll seperti di Las Vegas. Dan elit politik melihat itu sebagai tawaran yang bagus sebagai penunjang karirnya.

Selanjutnya elit ekonomi tersebut menggunakan jaringan korporatokrasi internasional untuk menghujamkan pengaruh ekonominya, dimana michael mengembangkan wilayah bisnisnya hingga di Kuba. Bersama elit ekonomi lain dan jaringannya berupa elit politik Kuba mereka saling tawar menawar dan saling memberikan kemudahan akses untuk mendapatkan hal yang diinginkan. Maka sangat jelas waktu itu, revolusi Kuba menjadi perhatian besar bagi elit ekonomi karena hal tersebut menentukan masa depan bisnisnya. Elit politik yang berkuasa pasca revolusi pasti akan memberikan pengaruh kuat terhadap kelanjutan hegemoni kapitalis.

Selain itu, ada persaingan yang penuh intrik dari elit tersebut, dimana bermain sangat cantik. Hampir keseluruhan kinerja bantai saling bantai pesaing, menggunakan cara halus. Misalnya ketika percobaan pembunuhan kepada michael pada malam hari, merupaka orang dekatnya dan tidak sedikitpun memberikan kecurigaan saat bertemu langsung bahwa ada rasa ingin membunuh. Ternyata orang tersebut merupakan rekan bisnis michael dan malah menganggap michael sebagai sahabat karib bahkan keluarganya sendiri.

2. Bagaimana persaingan antara elit politik vs elit ekonomi dan elit ekonomi vs elit ekonomi? Berdasarkan pendekatan pareto, mosca , dan klasik?

Elite menurut perspektif Pareto :

  • Kelompok orang yang memiliki “prestasi” tertentu tanpa mengkaitkannya dengan kekuasaan.
  • Sekelompok orang yang mengendalikan pemerintahan atau governing life.

Bagi Pareto, elit haruslah diperlakukan sebagai sebuah istilah ( term ) yang
bebas nilai, yakni mereka memiliki skor tertinggi dalam ukuran skala nilai atau komoditas sosial seperti kekuasaan, kekayaan dan pengetahuan.

Dalam film ini, elit ekonomi termasuk elit yang memiliki prestasi tertentu tersebut dan elit politik adalah yang mengendalikan pemerintahan. Persaingan yang terlihat antara elit ekonomi dengan elit politik terdapat pada kebijakan yang dibuat pada elit politik. Elit ekonomi berusaha mendapatkan legitimasi kekuasaan dari elit politik dan elit politik harus mendapatkan bagian kekuasaan dari usaha dari elit ekonomi tersebut. Michael pada akhirnya harus membunuh senator Nevada karena berusaha menghalang – halangi usahanya untuk memperluas kekuasaan. Karena tidak mendapatkan dukungan dari Michael, senator memihak pada “ lawan bisnis “ Michael. Untuk persaingan antara sesame elit ekonomi, sangat bisa dilihat dari awal. Usaha balas dendam, persaingan bisnis adalah tema besar dari film ini. Elit ekonomi bisa menjadi teman maupun lawan. Saling menjatuhkan kolega bisnis demi mendapatkan kekuasaan. Dan, yang harus dibayar adalah nyawa. Ini sangat searah dengan pemikiran psikologis Pareto dimana elit tidak bertindak secara rasional melainkan irrasional.

Penekanan pada aspek psikologis yang dibawa oleh Pareto, dimana kekuasaan bercorak elitis tidak lepas dari watak manusia. Dalam film ini jelas bahwa dominasi ataupun dinasti yang dibentuk oleh elit ekonomi (Michael) pun memiliki keterkaitan dengan sejarah perjuangan kakek dan ayahnya yang memberikan pengaruh besar terhadap jalan pikirannya. Sejarah kematian kakeknya karena persaingan bisnis juga memberikan efek psikologis pada keturunannya untuk memberikan respon hati-hati dan berfikir menjaga hegemoni bisnisnya. Tidak terlepas dari persoalan bagaimana watak dipengaruhi oleh lingkungan yang memberikan banyak warna pada kediriannya. Hal itu dibuktikan dengan pernyataan michael yang mengakui banyak belajar langsung dari ayahnya dalam proses persaingan bisnis.

Elit berdasarkan Mosca : Mosca terkenal dengan kelompok ruling class dan ruled class. Kelompok minoritas dengan jumlah sedikit namun memiliki kekuatan yang penuh dalam pemerintahan disebut dengan elit. Sedangkan, kelompok mayoritas namun powerless adalah msyarakat yang dikuasai.

Dengan memiliki kekuatannya, elit ekonomi mampu menjalankan kekuatannya dalam mempengaruhi elit politik. Elit politik juga akan mencari kolega yang mau mendukung dia didalam pemerintahan. Elit ekonomi akan menggunakan monopolinya dalam meraih kolega-kolega nya dan menyingkirkan lawan-lawan bisnisnya. Michael banyak sekali membunuh lawan-lawan bisnisnya dikarenakan persaingan bisnis dan balas dendam.

Kelompok minoritas ini juga dibarengi kualitas yang tinggi untuk menancapkan pengaruh dan kekuasaan menjadi sifat yang dimiliki oleh Michael (elit ekonomi). Hal ini kemudian cara yang menjelaskan bagaimana suatu dominasi akhirnya terus menuai keberhasilan dan kestabilan karena memiliki strategi, rencana dan kualitas sumber daya manusia yang mumpuni dalam mengorganisir kekuatan. Pandangan Mosca mengenai sistem pewarisan kekuasaan yang dilakukan pada keluarga michael juga bentuk dari sirkulasi elit yang terus menjaga eksistensi dari dinastinya. Sangat jelas bagaimana dinamisasi yang terjadi antara Vito dan Michael yang memiliki tantangan dan musuh yang berbeda dalam persaingan bisnisnya. Dan jelas setiap pergantian kekuasaan muncul bakat dan potensi baru yang akhirnya memberikan perbedaan pada petualangannya.

3. Bagaimana ekspansi kekuasaan itu melampaui batasan Negara dan masuk ke Negara -negara yang tidak stabil ( Kuba ) seperti di film ?

Elit ekonomi seperti Michael, melihat Negara seperti Kuba adalah Negara yang belum memiliki fondasi hukum yang kuat seperti AS. Pengamanan tidak seketat di AS, sehingga mereka bebas melakukan perluasan usaha ( judi ). Hukum di Negara yang tidak stabil memiliki hukum yang tidak kuat sehingga banyak sekali mafia – mafia yang bersarang di daerah Amerika Latin dan Amerika tengah. Selain itu, dengan ketidakstabilan politik pada Kuba akhirnya memberikan kesempatan pada korporatokrasi untuk menancapkan kekuasaan ekonomi politiknya. Karena banyak celah yang bisa dimasuki, apalagi dengan adanya konflik internal pada negara tersebut. Akan banyak ditemukan pihak yang loyal pada negara dan pengkhianat yang membagikan sumber daya negaranya pada asing. Ini kemudian menjadi asumsi dasar bagi korporatikrasi untuk ikut bermain dam mengeruk keuntungandari ketidak dewasaan Kuba. Peluang bisnis yang menggiurkan di Kuba, menjadikan elit ekonomi AS salah satunya Michael berani untuk memperluas jaringannya hingga Kuba.

 

TUGAS MATA KULIAH ELITE POLITIK. DEPARTEMEN ILMU POLITIK

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK – UNIVERSITAS AIRLANGGA

DENGAN ANGGOTA :

INTAN NIZARWATI, TAUFIK AGUNG WIDODO, MOHAMMAD BUSTANOL HUSEIN, MERDINA KUSUMASTUTI, MARIA DEWI RAHMATYA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s