Tablet PC : iPad 2, Galaxy Tab 2, Optimus Tab 3D, BlackBerry Playbook

Sejak kemunculan pada tahun 2010 yang lalu, iPad telah membawa sebuah gebrakan pasar dan arus tablet bagi pengguna smartphone, komputer dan laptop. Meskipun sebenarnya, Apple bukanlah pioneer utama didalam Tablet PC namun iPad membawa gairah baru bagi industri teknologi masa kini (sejarahnya bisa dibaca disini). Lihat saja kemunculan iPhone dan iPad akhirnya membuat Google membuat OS besutannya, Android yang saat ini mulai merajai pasar mobile. Android sebagai musuh utama iOS memang berhasil membuat gerah Apple, karena Android mampu memadukan kecanggihan yang ada pada iPhone/iPad dengan iOS-nya dengan beragam konten free ala Google dan kemudian mampu dikustomisasi serta modifikasi oleh penggunanya.

Untuk versi OS, saat ini iOS sudah tersedia iOS 4 namun iOS 5 kabarnya segera muncul dipasaran. Kemudian Android dengan Gingerbread (2.3) juga segera merilis varian Ice Cream Sandwich (2.4) untuk perangkat mobile serta Honeycomb (3.0) untuk piranti tablet PC-nya sudah tersedia dipasaran. Sementara itu, BlackBerry yang sukses melalui perangkat messenger-nya juga tidak mau kalah merambah tablet PC dengan membuat BlackBerry Playbook. Sedangkan Nokia, yang sempat merajai pasar handphone dengan Symbian-nya mau tidak mau juga harus melakukan gebrakan demi mempertahankan eksistensinya serta keberadaan Symbian yang seperti hilang dimakan demam Apple, BB, dan Android. Kini Nokia sudah mengupdate Symbiannya melalui Symbian Anna, dan kabarnya akan segera meluncurkan Symbian Belle. Lantas bagaimanakah kelanjutan kerjasama Nokia-Windows yang kabarnya akan mulai mengunakan Windows Phone 7 jika produk Symbian masih terus berada dipasaran, bahkan selalu diupdate meskipun pihak Nokia sendiri menegaskan akan segera mendiskontinyukan perangkat Symbian-nya. Apakah memang WP7 sedang terus dikembangkan oleh Nokia hingga nantinya bisa mengalahkan Apple dan Android ? Kita tunggu saja nanti.

Saat ini saya ingin membahas beberapa varian Tablet PC yang ada dipasaran. Beberapa diantaranya merupakan produk unggulan. Namun maaf kalau ternyata review saya tidaklah lengkap, mohon googling saja di internet :p.

1. iPad 2

Siapa tidak mengenal iPad ?

Bagi pengguna komputer, tentu sudah tidak perlu lagi meragukan kemampuan Apple dalam perangkat PC nya yang terkenal memiliki grafis yang sangat bagus serta memanjakan mata. Hal inilah yang ditawarkan oleh iPad. Bahkan saat ini iPad berhasil menguasai tiga perempat pasar tablet jauh mengungguli varian Android. Saat ini iPad yang sudah memasuk era iPad 2 nya. Hampir sama dengan iPad versi pertama, iPad 2 memiliki layar berukuran 1024×768 pixels dengan kamera ganda berukuran VGA didepan dan 0,7 Megapixels dibelakang. Salah satu fitur andalan saat ini adalah Facetime. Ini merupakan fitur video calling menggunakan Wi-Fi. Sementara OS nya sudah menggunakan iOS 4.3.1. Seperti perangkat masa kini, iPad juga dilengkapi prosesor ganda (dual-core) ARMv7 berkecepatan 1 GHz dengan RAM 512 MB.

2. Samsung Galaxy Tab 2

Setelah Apple memunculkan iPad, kemudian Samsung yang memang konsen dengan produk Androidnya membuat varian tablet PC, yaitu Samsung Galaxy Tab. Setelah Galaxy Tab versi pertama muncul tahun lalu, kini muncul Galaxy Tab 2 sebagai penerusnya. Dengan layar berukuran 1280×800 pixel dengan prosessor ARM 1 GHz Galaxy Tab 2 memiliki kamera 3,2 Megapixels dibelakang dan 2 Megapixels didepan. Mengusung OS Android teranyar, yaitu Honeycomb 3.0 membuat Galaxy Tab 2 ini memiliki tampilan antar muka yang memang sudah disesuaikan untuk tampilan antarmuka tablet PC. Untuk aplikasi bisa dengan mudah diunduh melalui Android Maket maupun Samsung App. Berbekal OS Android, aplikasi gratisan tentu lebih banyak bila dibandingkan dengan iPad yang memang sebagian besar aplikasinya berbayar.

3. Blackberry Playbook

Sejak meledaknya situs jejaring sosial seperti facebook, twitter maka demam BB mulai merambah Indonesia. Apalagi dengan andalan BBM (Blackberry Messenger), demam BB membuat orang-orang Indonesia mulai kecanduan apalagi bagi mereka yang memang gemar ngobrol atau chatting. Ternyata meledaknya Tablet PC juga membuat RIM (perusahaan pembuat BB) juga mulai membuat BlackBerry Playbook bekerja dan sama dengan QNX Software System membuat software yang dinamakan BlackBerry Tablet OS, OS khusus untuk tablet besutan BlackBerry. Hal inilah yang membuat Playbook tidak bisa disisipi BES (Blackberry Enterprise Server atau BIS a.k.a BlackBerry Internet Services), yaitu server atau jaringan yang membuat BB mampu memiliki eksklusifitas dalam hal sinkronisasi email, kontak, BBM serta jeraring sosial yang lain (sumber lihat disini). Sehingga untuk mengguhubungkannya dengan perangkat BB kita, diperlukan aplikasi BlackBerry Bridge dan juga melalui koneksi bluetoth untuk melakukan sinkronikasi email, kontak, kalendar, memo namun tidak dengan BBM. Namun bisa juga menguhubungkannya melalui koneksi internet diantara keduanya. Playbook juga dilengkapi prosessor dual core 1 GHz TI Omap. Kameranya handal, karena memiliki dua kamera, 5 Megapixels dibelakang dan 3 Megapixels di depan. Sayangnya aplikasi bawaan Plabook ini masih belum terlalu banyak.

4. LG Optimus 3D

Satu lagi perangkat berbasis Android Honeycomb muncul dipasaran, yaitu LG Optimus Pad. Setelah mengusung varian Optimus untuk ponsel Androidnya, kini LG juga mulai merambah tablet PC. Kelebihan ponsel ini bila dibandingkan dengan tablet PC yang lain tentu saja fitur 3D didalamnya. Tablet berprosesor ganda ARM 1 GHz ini juga memiliki RAM sebesar 1 GB. Dengan kamera 5 Megapixel nya, Optimus Tab terbilang tangguh, karena mampu menghadirkan bukan hanya 1 kamera belakang saja, namun 2 kamera belakang guna menciptakan efek 3D pada kamera dan video hasil jepretannya. Selain itu ada juga kamera 2 Megapixel didepan untuk mendukung akses video calling. Secara umum fiturnya sama saja dengan Galaxy Tab 2 mengingat keduanya sama-sama menggunakan OS Android Honeycomb. Kelebihannya tentu saja mampu menciptakan gambar 3D dan video 3D akibat penggunaan kamera gandanya. Namun sayangnya kita layarnya yang belum 3D Β menjadikan kita harus menguhubungkannya dengan televisi 3D agar bisa menikmati jepretan hasil kameranya. Selain itu Optimus Tab juga tidak dilengkapi dengan kacamata 3D dalam paket penjualannya.

Dari beberapa review singkat Tablet PC diatas, maka kita bisa menentukan sendiri tablet mana yang kita inginkan. Apakah iPad atau Playbook yang memang sudah terkenal serta memiliki eksklusifitas tersendiri bila dibandingkan dengan produk lain. Ataukah memilih Galaxy Tab 2 yang selain tipis juga memiliki kemudahan dalam modifikasi serta beragam konten gratisan yang ditawarkan. Ataukan optimus 3D yang mampu menyuguhkan sesuatu yang berbeda dengan kemampuan kamera 3D nya.

Silahkan Anda yang pilih, Anda yang menentukan. Bisa saja Anda lebih menyukai smartphone dengan bentukan yang lebih kecil namun memiliki fitur tidak kalah dengan tablet. Ataukah lebih memilih notebook atau netbook yang secara umum jelas mampu memfasilitasi seluruh kebutuhan Anda bila dibandingkan dengan Tablet PC yang bisa dikatakan terasa nanggung namun memiliki prestise yang lebih tinggi bila kita terlalu berat untuk membawa laptop kita kemana-mana. Yang paling penting bijaklah dalam menentukan pilihan Anda.

Sumber ; Tabloid Pulsa (versi cetak), Tabloid Pulsa (versi web).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s