TIPS MEMILIH HP

Handphone saat ini banyak sekali jenis, tipe dan macamnya. Bisa memilih mulai dari yang termurah sampai yang termahal. Mau yang paling sederhana sampai yang paling canggih bisa dipilih pengguna. Ini ada beberapa tips bagi para pengguna yang mungkin merasa kebingungan ketika akan memilih handphone yang akan mereka beli.

1. Pilih handphone dengan harga yang sesuai kantong Anda

Bagi calon pembeli tentu pertama-tama menyiapkan uang yang memang sesuai dengan kantongnya. Karena saat ini banyak sekali handphone yang dijual mulai 100 ribuan sampai lebih dari 5 jutaan.

2.ย Pilih yang baru atau bekas

Kedua, dengan dana yang Anda siapkan bisa memilih akan membeli hp baru atau bekas. Tentu jika Anda memilih hp baru, dana yang Anda siapkan biasanya sedikit lebih besar, namu dengan kondisi yang memang masih disegel dan garansi hp baru jelas memiliki banyak keunggulan. Namun bukan berarti hp bekas juga jelek, sebab masih banyak juga hp bekas dengan kondisi bagus, namun Anda harus berhati-hati. Kalau bisa mintalah garansi 1 bulan ke konter tempat Anda membeli jika ternyata sewaktu-waktu hp tersebut tiba-tiba rusak, atau yang paling parah samapi mati total tanpa alasan yang jelas.

3.ย Pilih merk yang Anda sukai dan butuhkan

Untuk merk hp, ada banyk sekali mulai dari merk-merk terkenal seperti Nokia, Sony Ericsson, Samsung, LG, Motorola. HTC. Ada pula merk baru yang memiliki fungsi khusus messaging, yaitu BlackBerry. Tak ketinggalan produsen khusus laptop yang mulai merambah dunia mobile, seperti Apple dengan iPhone nya maupun Accer dan juga merk Google denganย  varian Nexus-nya. Dan tidak ketinggalan merk-merk Cina maupun lokal, seperti IMO, CSL, Nexian, MITO, i-Mobile, SkyBee dan masih banyak merk lainnya. Sebenarnya untuk mek tergantung keinginan Anda. Sebab ada beberapa pengguna yang memang fanatik pada merk tertentu. Lihat saja, Nokia bisa berjaya sebab banyak yang merasa bahwa model buatan pabrik asal Finlandia ini simple dan mudah digunakan seta memiliki harga yang relatif stabil (tapi tdak tahu sekarang setelah gempuran ponsel-ponsel Android, BB maupun iPhone).

Saya sendiri cenderung menyukai merk Sony Ericsson. Mulai dari dulu pertama kali memakai Siemens C5 (bekas) (sayang sudah bangkrut setelah diakuisisi BenQ malah nggak jelas gimana kabarnya), kemudian setelah diperbaiki akibat rusak, diganti Nokia 3610 (bekas). Lalu pengin pakai hp yang bisa internetan makanya ganti Sony Ericsson J300i (bekas) selama SMP. Terus pas SMA pakai Sony Ericsson K550i (baru). Sayangnya rusak gara-gara ulahku sendiri, sampai sekarang hp nya masih ada di aku, hehe. Sempet juga nyoba Nokia 9300i (bekas) tapi nggak betah. Jadi ganti Sony Ericsson W950i (baru), yang sayangnya lagi-lagi layarnya rusak. Tapi sekarang sudah dibenerin sama kakak iparku dan dipakai dia. Selama hp W950i rusak itu aku pakai Samsung GT E1080F (baru). Dan alhamdulillah, kemarin membeli hp Sony Ericsson X8 (baru). Jadi karena sebagian besar hp yang saya gunakan adalah Sony Ericsson bisa dikatakan saya memang fanatik dengan produk milik pabrikan Swedia-Jepang ini.

4. Pilih yang sesuai kebutuhan

Jika Anda hanya membutuhkan hp yang cukup untuk sms an dan telepon saja, maka banyak hp dibawah 500 ribuan. Namun jika Anda tipikal orang bisnis, atau suka sekali eksis di jejaring sosial, sepertinya BB adalah pilihan utamanya. Namun jika suka mengotak-atik hp, tipe Nadroid sepertinya cocok buat Anda. Atau bisa juga merk Nokia dengan Symbiannya maupun produk dengan OS Windows Mobile juga bisa dijadikan pilihan. Namun ketika Anda fanatik dengan merk buatan Apple, mulai dari MacBook, iPod saatnya menggunakan iPhone sebagai perangkat Apple mobile Anda.

Itulah beberapa tips memilih hp sesuai kebutuhan. Sebenarnya yang paling penting adalah berapa budget Anda dan pilihlah yang memang sesuai kebutuhan. Sebab perangkat hp cenderung fluktuatif dan dinamis, apalagi ada kecenderungan harga hp terus turun dan teknologinya cenderung cepat basi dan usang. Sehingga bijak-bijaklah ketika membeli hp. Sebab seringkali, khususnya pembeli di Indonesia adalah pembeli musiman. Ketika sedang musim hp Symbian jamannya Nokia 3660, 6600, NGAGE, N70, N73 maka banyak sekali penggunanya hingga menjamur. Kemudian ketika era jejaring sosial menjamur dan membuat BB naik kasta, maka banyak sekali pengguna BB. Namun sayangnya banyak yang hanya menggunakan BB hanya untuk sekadar BBM, fb maupun twitteran saja. Padahal BB seharusnya dimaksimalkan untuk email, dan browsing internet unlimeted bahkan banyak yang belum tau bagaimana memaksimalkan fitur BB.

Jadi bijak-bijaklah ketika memilih dan membeli hp.

2 thoughts on “TIPS MEMILIH HP

  1. Halimah says:

    menarik ini panduan cara memilih hp yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s