Nasib (calon) mahasiswa MISKIN

SELAMAT, kemarin adalah hari pengunguman SNMPTN 2011. Selamat kepada mahasiswa baru (atau lama?!) yang berhasil diterima di PTN di seluruh Indoensia. Bagi yang belum di terima jangan kecewa dulu, gagal SNMPTN bukanlah akhir dari hidupmu. Sebab masih ada kesempatan bagi (calon) mahasiswa baru untuk masuk ke PTN. Kalian bisa mendaftar melalui Seleksi Mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing PTN. Info pelaksanaan ujian tulis Seleksi Mandiri bisa dibuka disini.

Bagi yang gagal masuk PTN janganlah bersedih, tempat kuliah bukan hanya di PTN aja loh. Masih banyak kampus lain,bisa juga nyoba di PTS atau Perguruan Tinggi ikatan dinas. Sekarang saya akan emmbahas mengenai kampus ecek-ecek. Di Indonesia banyak sekali kampus, mulai dari PTN, PTS, ikatan dinas dan sebagainya. Banyak yang menganggap bahwa PTN itu lebih baik dari PTS, benarkah ?!

Sebenarnya bukan menghina, namun saat ini banyak sekali kampus yang berbiaya mahal tanpa mempedulikan kualitas. Yang saya maksud bukanlah PTS, melainkan PTN (PERGURUAN TINGGI NEGERI) termasuk tempat kuliah saya saat ini. Mengapa saya berkata demikian, sebab kampus satat ini berlomba-lomba menaikkan biaya pembangunan universitas. Lihat saja masuk Fakultas Kedokteran, baik UNAIR, UGM, UNDIP yang mematok tarif diatas 50 juta. Unair saja biayanya minimal 175 juta, lihat saja disini. Lantas mau kemana mahasiswa miskin Indonesia. Kalau mereka tidak lolos Beasiswa Bidik Misi maupun tidak lolos SNMPTN, apakah akhirnya mereka terpojok tanpa bisa melanjutkan pendidikan mereka. Padahal pendidikan merupakan aset penting bagi penerus bangsa ini. Mungkin bisa saja mereka mencoba mendaftar di perguruan tinggi ikatan dinas, namun saingannya ribuan. Bahkan mereka yang kaya juga banyak yang mencoba peruntungan di kampus dimana kuliah gratis, kuliah dapet duit dan keluar dapat kerja.

Biaya pendidikan di UNDIP Semarang disini. UNPAD, disini. Β ugm disini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s