CITIZEN JOURNALISM

Citizen Journalism tidak lepas dari istilah journalism itu sendiri. Journalism (jurnalistik atau wartawan) adalah sebuah profesi atau kegiatan dimulai dari proses pengumpulan informasi, editing hingga akhirnya dipublikasikan melalui beragam media yang ada seperti media cetak, radio, televisi, hingga internet. Kemunculan citizen journalism semakin marak diperbincangkan setelah kemunculan internet sebagai new media. Ketika old media lebih bersifat satu arah, seperti media cetak, radio dan televisi namun new media merubah cara mengkonsumsi media dengan lebih interaktif. Selain itu masyarakat juga tidak hanya menjadi konsumen dari informasi namun bisa juga menjadi seorang produsen informasi. Kemudian muncul citizen journalism dimana sekarang, siapa saja bisa dengan mudah menjadi wartawan pemula tanpa membutuhkan pelatihan dan pengalaman menjadi seorang wartawan handal.

Citizen journalism atau yang diartikan dalam bahasa Indonesia sebagai jurnalisme partisipatori atau jurnalisme warga memang dibuat oleh publik atau warga biasa. Mereka bisa mencari berita, informasi, menuliskan dan mengeditnya kemudian mengirimkannya kepada media cetak. Nantinya redaksi yang akan memutuskan apakah berita tersebut layak untuk dimuat atau tidak dengan kompensasi tertentu. Namun, dengan perkembangan internet yang semakin maju maka kini citizen journalism bisa langsung mempublikasikan berita yang dibuatnya melalui blog pribadi atau situs-situs yang memuat tulisan seorang citizen journalism seperti kompasiana, cjiindonesia, liputan6.com dan sebagainya.

Sebagai seorang wartawan pemula, tentu memilih menjadi citizen journalism sebagai sebuah pekerjaan yang menarik. Kita bisa dengan mudah mencari informasi apa yang kita sukai.Kemudian setelah bahannya terkumpul maka kita bisa langsung mengeditnya kemudian mempublikasikan melalui blog pribadi kita. Kita bisa juga menjadi wartawan dadakan, ketika tiba-tiba kita melihat kejadian tertentu yang menarik untuk kita publikasikan. Hanya dengan modal handphone kamera, kita bisa dengan mudah mengupload foto dan gambar menarik di situs jejaring sosial.

Peran wartawan pada dasarnya sebagai pengawas masyarakat dan menyampaikan informasi tentu menjadikan citizen journalism juga memiliki tugas yang memang tidak jauh berbeda dengan seorang wartawan. Mereka tetap diharuskan menyampaikan informasi, dan seringkali citizen journalism juga sebagai perpanjangan tangan dari seorang wartawan. Di Radio Suara Surabaya (SS) terdapat program dimana masyarakat di Surabaya dan sekitarnya memberikan laporan langsung via telepon maupun sms memberikan informasi terkini mengenai kondisi di jalan maupun mengenai cuaca di daerah tertentu. Kadang, mereka juga memberikan info mengenai kecelakaan lalu lintas yang mereka lihat di jalan. Hal ini tentu bermanfaat karena tidak semua wartawan bisa secara langsung mengabarkan info kemacetan maupun cuaca dari berbagai daerah.

Kekurangan dari citizen journalism, bahwa tidak semua wartawan dadakan ini bisa terampil menyajikan berita seperti seorang wartawan karena mereka umumnya tidak mendapatkan pelatihan jurnalistik seperti wartawan. Namun, inilah tantangannya bahwa citizen journalistik dituntun harus bisa menyajikan informasi seperti layaknya wartawan sungguhan.

Kemudian mengenai kredibilitas berita yang disajikan. Apalagi jika informasi ini berasal dari blog seseorang maka sulit untuk mengukur apakah informasi yang disajikan memang benar adanya atau tidak. Hal ini dikarenakan tidak adanya lembaga khusus yang menyeleksi informasi di dunia mayaΒ  dan sulitnya memberikan regulasi terhadap norma-norma yang ada.

Kelebihannya setiap orang tentu memiliki cara tersendiri untuk menginformasikan sesuatu. Dengan berbagai sudut pandang yang ada maka informasi yang kita dapatkan bisa semakin variatif dan informasi yang didapatkan akan semakin mendalam.

Kemudian perkembangan internet saat ini dimana siapa saja bisa dengan mudah mengaksesnya maka akan semakin banyak masyarakat yang bisa menjadi seorang citizen journalism. Semakin menjamurnya situs jejaring sosial maka kita bisa dengan mudah memberikan informasi apa saja melalui facebook, twitter, foursquare, friendster dan sebagainya.

Perkembangan teknologi informasi saat ini menjadikan siapa saja bisa menjadi seorang citizen journalism. Tantangannya, citizen journalism bisa lebih banyak menyajikan informasi yang lebih luas. Selain itu keakuratan dan kredibilitas informasi yang disajikan citizen journalism juga harus dijaga apalagi mereka bekerja secara independen sehingga diharapkan informasi yang disajikan lebih objektif.

 

Penulis :

Taufik Agung Widodo

S1 Ilmu Politik ’09 – FISIP Universitas Airlangga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s