Pilah Pilih OS Ponsel Pintar

Handphone Pintar atau yang biasa kita kenal dengan istilah smartphone merupakan salah satu perkembangan produk handphone masa kini. Ketika dulu kita hanya bisa menggunakan handphone hanya sekadar untuk melakukan panggilan atau mengirim pesan pendek saja, namun kini kita bisa melakukan hampir semua pekerjaan komputer di perangkat mini bernama handphone. Lantas, mengapa hal itu bisa kita lakukan di smartphone. Semuanya tidak lepas dari adanya sebuah sistem operasi sebagai sebuah piranti lunak yang menjalankan semua tugas dan pekerjaan layaknya piranti lunak di komputer. Di komputer kita tentu mengenal Windows, Machintosh, atau Linux sebagai sistem operasi. Di Handphone, kita juga mengenal beberapa sistem operasi. Kelebihan sistem operasi di perangkat mobile ini adalah bisa dimasukkannya beragam aplikasi, baik game maupun aplikasi penunjang yang bisa kita manfaatkan. Sistem operasi ini juga terkait dengan tampilan antar muka (interface) yang khas sesuai dengan sistem operasi yang digunakan.

1. Symbian
Merupakan salah satu sistem operasi tertua ada ada diperangkat handphone. Kita tentu masih ingat dengan HP Nokia 7650, 3650/3660, N-GAGE/QD, 6600, N73 merupakan beberapa HP fenomenal pada masanya. Hampir semua varian diatas menggunakan sistem operasi Symbian, namun dengan versi yang berbeda-beda. Kita mengenal Symbian versi 60, 70, 80 maupun 90. Ada juga varian Communicator, hingga Symbian v^3 dan Symbian Anna (OS Symbian terbaru yang sedang dikembangkan, dan belum ada produknya di pasaran) sebagai salah satu versi termutakhir milik Symbian. Kolaborasi antara Symbian dengan UIQ juga pernah dilakukan di beberapa HP Sony Ericsson, seperti P800, P900, P910, M600, W950/W960.Sebenarnya ketika pertama kali keluar, platform Symbian didukung penuh oleh banyak vendor seperti Nokia, Samsung, Sony Ericsson, LG dan Motorola. Namun, dengan seiring berjalannya waktu tinggal vendor Nokia lah yang menguasai platform Symbian. Hal ini dikarenakan beberapa vendor mulai beralih ke platform Android. Sebagai (mantan) pengguna handphone Symbian secara jujur saya mengakui bahwa dalam eranya, Symbian pernah menjadi salah satu pemimpin dalam pengembangan perangkat piranti lunak pintarnya. Berkolaborasi dengan Nokia, alhasil produk-produk Nokia ber-OS Symbian menjadi salah satu handphone dengan kualitas jempolan mulai dari banyaknya aplikasinya, fitur kamera yang menawan dengan beberapa produknya menggunakan lensa Carl-Zeiss, musik yang kencang dan berhasil mengungguli pasar Walkman. Namun, menurut saya kekurangan Symbian terletak pada tampilan menu dan interface yang membosankan. Mungkin akibatnya banyaknya produk Symbian di HP Nokia, membuat Nokia kurang mengembangkan interface Symbian agar lebih atraktif. Selama memakai Nokia Nokia 3230 (punya kakak dan hanya pakai 1-2 hari) , 9300i, Nokia 5320 (punya kakak saya) saya merasa sangat bosan dengan tampilan hampir mirip. Namun ketika saya memakai Sony Ericsson W960i, yaitu produk kolaborasi Symbian-UIQ yang dipakai di handphone layar sentuhnya saya merasa tidak sekaku dan membosankan seperti produk Symbian yang lain (disamping saya juga minded dengan produk Sony Ericsson). Namun memang produk Nokia Symbian tetap merupakan produk yang cocok bagi siapa saja karena banykanya varian Symbian mulai dari varian multimedia (musik atau kamera), office (dengan fitur-fitur kantoran), maupun produk layar sentuhnya yang menarik. Namun tetap menurut saya, perlu ada perubahan dalam interface agar tidak tampil membosankan.

2. Android
Platform besutan Google ini, sedang naik daun. Banyaknya vendor yang menggunakannya dikarenakan lisensi proknya yang gratis sehingga banyaknya aplikasi yang bisa dinikamati oleh penggunanya melalui Android Market (mirip dengan Apple/iTunes Store dan Nokia dengan aplikasi Ovi). Kelebihannya, hampir semua produknya merupakan produk dengan layar sentuh menawan dan interface yang atraktif. Saat ini, Android sudah memasuk versi 2.2 Froyo dan yang terbaru adalah 2.3 Gingerbread (kebanyakan untuk produk komputer tablet). Dikabarkan saat ini platform Android sudah berhasil menguasai pasar melampaui platform Symbian. Namun memang harganya murah dengan kualitas prima bisa didapatkan di produk-produk berplatform Android ini. Lihat saja Samsung, LG dan Sony Ericsson merupkaan vendor yang begitu rajin menelurkan produk-produk baru berbasis Android. Dukungan aplikasi yang sebagian gratis dan begitu banyak, turut menyumbang larisnya produk ini. Saya sudah pernah mencoba memakai produk Sony Ericsson tipe Xperia berbasis Android dan menurut saya memang keren. Interfacenya yang atraktif disokong oleh beragamnya aplikasi menarik yang bisa diunduh secara gratis.

3. Blackberry
Di Indonesia keberadaan BB (singkatan dari Blackberry) sedang naik daun. Pasalnya tren ini juga bersamaan dengan boomingnya situs jejaring sosial facebook, maupun twitter. Memang kelebihan dari produk BB ini, adalah dukungan jaringan dari RIM (Research In Motion) selaku pemilik OS BB ini, dan memiliki jaringan terpadu dimana semua akses dan jaringan internet dipantau dan dikontrol langsung dari server pusat milik RIM. Sehingga memang BB lebih banyak dipakai oleh mereka yang selalu berkutat dengan office, push-email. BBM atau Blackberry Messenger merupakan salah satu fitur pamungkas di handphone BB ini. Fitur yang hanya dimiliki oleh BB ini sebenarnya sama dengan fitur chatting biasa, namun dengan dukungan server tunggal dan produk yang telah di bundling OS Blackberry ini, maka kita akan menerima pesan chat semudah ber-sms. Bukan hanya BBM saja, namun juga dukungan situs jejaring sosial yang merambah BB makin menambah semaraknya penjualan BB. Sebernarnya BB lebih berguna bagi mereka yang selalu berhubungan dengan client baik melalui aplikasi messenger maupun melalui situs jejaring sosial yang ada. Sedangkan bagi mereka yang hanya memanfaatkan BB karena ada kemudahan mengakses facebook, maupun twitter maka sangat disayangkan krena sebenarnya kelebihan BB ada pada produk messengernya saja bukan pada fitur multimedia maupuan officenya.

4. iPhone OS
Kerapkali disebut iOS, merupakan platform utama bagi produk-produk keluaran Apple Inc. Produknya tentu kita kenal seperti varian iPhone, hingga iPad komputer tablet yang menggemparkan karena bentuknya seperti komputer mini, dan disebut tablet. Untuk versi terbarunya adalah iOS 4.3.1 yang dimiliki oleh iPad 2. Produk ini sebenarnya merupakan pengembangan OS Machintosh yang ada di perangkat komputer. Bagi Anda pecinta produk Mac tentu paham bahwa kelebihan OS ini adalah interface yang begitu memikat, dengan animasi dan pewarnaan yang mengagumkan. Hal ini juga yangy menjadi kelebihan utama bagi produk iOS. Lihat saja iPhone merupakan ponsel layar sentuh yang begitu memikat. Namun sayangnya kebanyakan produk-produk keluaran Apple merupakan produk mahal dan mengandalkan gengsi semata. Tapi tetap saja, menurut saya iOS bukanlah produk yang membosankan.

5. OS Bada
Adalah salah satu platform yang akhir-akhir ini sedang dikembangkan oleh vendor Samsung. Bada sudah memasuki versi 1.2. Menurut saya, Bada seperti mencontek produk-produk Android dengan keunggulan tampilan dan β€˜market’nya. Namun sepertinya OS Bada kurang bisa berkembang karena Samsung masih memprioritaskan Android pada produk-produk keluarannya dan Bada mayoritas digunakan pada produk Samsung tipe Wave.

6. Windows Mobile
Pada awalnya Microsoft membuat Windows untuk versi PDA (Personal Digital Assistan) yang merupakan ponsel dengan kemampuan komputer. Perbedaan PDA dengan smartphone adalah PDA memang difungsikan khusus layaknya sebuah komputer hanya saja memiliki fitur-fitur ponsel seperti calling maupun texting. Sementara smartphone merupakan ponsel yang memiliki fitur-fitur dimana kinerjanya bisa ditingkan agar bisa maksimal. Memang PDA memiliki kelebihan memiliki kemampuan kayaknya komputer, namun memiliki kelebihan disisi multimedia. Sementara smartphone biasanya lebih unggul dari sisi multimedia. Windows kemudian mengembangkan sayapnya dari membuat PDA merambah ke sektor mobile dengan dibuatnya sistem operasi windows mobile. Dalam perkembangannya, Windows Mobile sudah pada versi 6 dan merambah Windows Phone 7 (WP7). Untuk kinerja hampir-hampir mirip dengan komputer Windows kita. Namun kekurangannya sebagian besar aplikasinya masih berbayar dan belum gratis.

Demikian penjelasan mengenai sistem operasi di handphone. Kita sebenarnya bebas saja mau memilih handphone seperti apa asalkan sesuai dana dan kebutuhan saja. Jangan mau ikut-ikutan seperti ketika orang heboh memakai BB, kita ikut-ikutan saja tanpa bisa memaksimalkan fitur-fitur yang ada didalamnya. Atau kita sudah memakai smartphone, namun hanya kita gunakan untuk ber-sms atau telepon saja. Tentunya hal ini amat disayangkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s