Kuliah sebagai JAMINAN MASA DEPAN ?!?!?!

Saat ini saya sedang kuliah, dan hal yang selalu membayangi pikiran saya adalah JADI APA SAYA SETELAH LULUS KULIAH NANTI.

Banyak orang beranggapan bahwa dengan kuliah pasti nanti bisa bekerja dengan mudah. Lihat pula kolom lowongan kerja di koran, kebanyakan memiliki minimal pendidikan Sarjana atau Diploma agar bisa bekerja. Hingga akhirnya banyak yang berpikiran,”Saya harus kuliah agar bisa dapat pekerjaan.”

Namun, tidak sedikit pula yang mempertanyakan,”sekarang saja banyak SARJANA yang jadi PENGANGGURAN.”

Lantas bagaimanakah solusinya ??

Untuk pertanyaan minimal pendidikan setara diploma/sarjana di kolom lowongan pekerjaan memang benar, namun bisa juga salah banyak juga minimal pendidikan SMA/SMK.

Kuliah memudahkan mendapatkan pekerjaan ??

Tergantung kamu kuliah dimana. Kalau kamu kuliah di STAN/STIS atau sekolah kedinansan lain macam akpol/akmil maka kamu memang memiliki keuntungan selain pendidikan yang gratis kamu juga langsung bekerja dengan dinas terkait. Namun kalo kamu kuliah di Perguruan Tinggi maka maih perlu dipertanyakan. Soal kampusmu, kalau di UI/ITB mungkin memang gampang cari mudah karena selain faktor seleksi yang ketat sehingga mahasiswa disana juga pilihan. Namun, untuk kampus lain hal yang utama diperlukan adalah USAHA. Sekaligus menjawab pertanyaan banyaknya sarjana yang menganggur. Ini bukan salah kampus, bukan pula salah orang lain karena semua ini kembali lagi bergantung kepada usaha masing-masing individu. Bagaimanakan proses ketika dia kuliah, apakah hanya menjadikan kuliah sebagai usaha agar dicap sebagai ‘kaum intelektual’ atau kuliah karena desakan orang tua agar tidak dicap pengangguran setelah lulus SMA. Bisa juga menjadikan kuliah sebagai tempat menuntut ilmu agar nantinya ilmu itu bisa diterapakn di masyarakat setelah lulus nanti.

Mungkin poin terakhir terlalu muluk-muluk, intinya adalah kuliah juga membutuhkan usaha dan kemandirian. Kuliah bukan lagi waktu main-main seperti saat SMA dulu. Bukan tempat untuk bermalas-malasan dan bermanaj-manja ria. Nmaun yang ditekankan adalah adanya usaha secara mandiri agar kita bisa mendapatkan ilmu dan ketrampilan yang diajarkan ketika kuliah. Memang benar banyak yang ketika kerja ternyata tidak sesuai dengan jurusan ketika kuliah, namun tidak mengapa karena memang tujuan kita ini mencari uang. Kuliah hanyalah salah satu sarana untuk menuju kearah itu.

Namun ketika kita bisa mendapatkan ilmu kuliah itu, maka uanglah yang akan mencari kita, artinya ilmu itu akan terus berguna selama kita hidup. Terbukti banyak dosen saya yang karena keahlian dan kompetensi mereka disalah satu bidang keilmuan (politik, khususnya) banyak yang kemudian menjadi pakar/pengamat politik dan mendapatkan bayaran yang tidak sedikit ndan memang sesuai dengan kemampuan mereka.

Jadi, KULIAH sebagai JAMINAN MASA DEPAN kita sendiri yang menjawabnya kita sendiri yang menentukan sampai sejauh mana usaha kita untuk mewujudkan masa depan yang indah.
Jadi kuliah atau tidak kuliah tidak masalah yang penting teaplah PROSES DAN USAHA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s