JADWAL SNMPTN DAN UJIAN MANDIRI UNIVERSITAS 2012

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah salah satu program seleksi penerimaan mahasiswa baru bagi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diselenggarakan sejak tahun 2009 (kalau tidak salah). Sebelumnya dikenal dengan SPMB, UMPTN dan sebagainya. Sejak tahun lalu, SNMPTN diselenggarakan secara dua kali, yaitu SNMPTN Jalur Undangan serta SNMPTN Jalur Ujian Tulis. Jalur Undangan sebenarnya sama dengan model penerimaan melalui sistem PMDK, yaitu penerimaan yang didasarkan pada nilai rapor siswa. Perbedaannya kini program seleksi yang dikenal dengan nama PMDK dikelola secara mandiri oleh PTN, kini dikoordinir secara nasional oleh Kemendiknas melalui program SNMPTN Jalur Undangan.

Untuk Jalur Undangan pendaftaran sudah dilakukan sejak 1 Februari 2012, kemarin sampai dengan 8 Maret 2012. Prosedurnya bisa dilihat disini. Intinya sama, yaitu penilaian dari nilai rapor dan masuk peringkat paralel sekolah. Pengunguman dilakukan tanggal 25 Mei 2012 mulai pukul 18.00 WIB melalui website SNMPTN.

Untuk tahun ini hampir semua PTN mengikuti SNMPTN Undangan, setelah tahun kemarin Universitas Airlangga tidak mengikuti SNMPTN Undangan. Tapi tahun ini bagi calon mahasiswa baru (camaba) yang ingin masuk Unair bisa mendaftar SNMPTN Undangan.

Kemudian Jalur SNMPTN Ujian Tulis sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Seleksi melalui perjuangan menjawab soal-soal dan bisa dilakukan di seluruh PTN di manapun. Sepertinya tahun ini sudah tidak ada pembatasan wilayah memilih jurusan manapun bebas. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana ada dua jurusan yang dipilih salah satu jurusan harus masuk salah satu wilayah tempat kamu mengikuti tes. Tapi kali ini semua bebas memilih jurusan dimanapun yang diinginkan (enak banget!). SNMPTN Jalur Ujian Tulis terdiri dari ujian tulis (IPA/IPS/IPC) serta Ujian Ketrampilan bagi program studi tertentu. Info bisa dilihat disini. Pendaftaran dimulai tanggal 10 – 31 Mei. Pelaksanaan ujian 12 – 13 Juni 2012, serta pengungumannya tanggal 7 Juli 2012.

UJIAN MANDIRI

Apakah Ujian Mandiri itu ?

UM adalah seleksi masuk PTN yang diselengarakan setelah pelaksanaan SNMPTN. Setelah ada regulasi baru, maka UM harus dilaksanakan setelah pelaksanaan pengunguman SNMPTN. Pada tahun-tahun sebelumnya, UM biasanya dilakukan sebelum SNMPTN. Dahulu dikenal dengan UM UGM, SIMAK UI, USM ITB, SMUP UNPAD dan sebagainya. Tapi kini, UM UGM dan USM ITB resmi ditiadakan. Sehingga, bagi mereka yang ingin masuk didua kampus tersebut harus berebut melalui jalur SNMPTN.

Untuk jadwal pelaksanaan Ujian Mandiri belum semua kampus memberikan tanggal resminya. Biasanya antar kampus akan berdekatan jadwal pelaksanaan ujiannya.

UNIVERSITAS INDONESIA mengadakan SIMAK UI

SIMAK UI untuk jalur reguler, memang dibuka bagi semua jurusan mulai dari D3, S1 Reguler dan Paralel. Info bisa cek disini. Pelaksanaan SIMAK UI biasanya dilakukan dibeberapa kota besar di Indonesia.

No Kegiatan Program Pendidikan Pendaftaran Online Seleksi Masuk Pengumuman
1. Prestasi Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) Vokasi D3 13 Februari – 27 April 2012 - 28 Mei 2012
2. Prestasi Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) S1 Paralel S1 Paralel 13 Februari – 27 April 2012 - 28 Mei 2012
3. Talent Scouting S1 Kelas Internasional 13 Februari – 27 April 2012 - 28 Mei 2012
4. SNMPTN Tulis S1 Reguler 10 – 31 Mei 2012 12-13 Juni 2012 7 Juli 2012
5. SIMAK UI D3, S1 Reguler, S1 Paralel 4-22 Juni 2012 8 Juli 2012 29 Juli 2012
6. SIMAK UI – Kelas Internasional S1 Kelas Internasional 4-22 Juni 2012 1 juli 2012 29 Juli 2012
7. SIMAK UI – Ekstensi S1 Esktensi (jenjang lanjutan D3 ke S1) 2-27 Juli 2012 5 Agustus 2012 12 Agustus 2012

UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya mengadakan JALUR MANDIRI UNAIR

UNAIR sendiri memiliki dua gelombang untuk Jalur Mandirinya. Info bisa dibuka disini. Pelaksanaan UM UNAIR hanya diadakan di Surabaya.

SARJANA

KEGIATAN GELOMBANG I GELOMBANG II
Pembayaran Biaya Ujian (Pra – Pendaftaran) 11 Juni – 11 Juli 2012 16 – 25 Juli 2012
Verifikasi Dokumen / Pendaftaran 9 – 13 Juli 2012 23 – 27 Juli 2012
Pelaksanaan Ujian Tulis 15 Juli 2012 29 Juli 2012
Pengumuman Hasil Ujian Tulis 18 Juli 2012 1 Agustus 2012
Registrasi Mahasiswa Baru 23 – 25 Juli 2012 6- 9 Agustus 2012

DIPLOMA

KEGIATAN GELOMBANG I GELOMBANG II
Pembayaran Biaya Ujian (Pra – Pendaftaran) 14 – 23 Mei 2012 2 – 8 Agustus 2012
Verifikasi Dokumen / Pendaftaran 21 – 25 Mei 2012 6-10 Agustus 2012
Pelaksanaan Ujian Tulis 27 Mei 2012 12 Agustus 2012
Pengumuman Hasil Ujian Tulis 30 Mei 2012 15 Agustus 2012
Registrasi Mahasiswa Baru 4 – 6 Juni 2012 27 – 29 Agustus 2012

INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER akan mengadakan SMITS (SELEKSI MASUK ITS), dengan jalur mandiri yaitu Program Kemitraan Mandiri (PKM). Info PKM ITS cek disini.

Dari situs resmi SMITS ditulis, bahwa Seleksi penerimaan calon mahasiswa baru Program PKM akan didasarkan pada nilai yang diperoleh dalam ujian SNMPTN Jalur Tertulis Tahun 2012. Jadi sistem penerimaan ITS didasarkan pada hasil nilai SNMPTN. Maka peserta yang ingin mengikuti PKM ITS harus mengikuti SNMPTN dan tinggal mengirimkan berkas-berkas yang dibutuhkan saja.

Pendaftaran 9 – 18 Juli 2012
Pengumuman hasil 21 Juli 2012
Pembayaran biaya pendidikan dan pendaftaran ulang 23 – 27 Juli 2012

UNIVERSITAS SEBELAS MARET, UNS SOLO akan mengadakan SPMB SWADANA UNS. Model seleksi yang diadakan oleh UNS sama dengan ITS, yaitu didasarkan pada nilai dari ujian SNMPTN Ujian Tulis. Infonya bisa diliha disini.

SPMB S-1 Swadana Pendaftaran/Pembayaran 25 Mei – 10 Juli 2012
Pengumuman 13 Juli 2012
Registrasi (Bagi yang lulus seleksi)
  1. Online : 16 – 18 Juli 2012
    (Pembayaran SPP,BPI & Lain2 via Bank)
  2. Ondesk : 19 – 20 Juli 2012
    (Pemeriksaan dokumen & tes kesehatan)

UNIVERSITAS DIPONEGORO, Semarang akan mengadakan UM UNDIP.

Sebenarnya UM UNDIP selalu diselenggarakan dua gelombang. Tapi sejak tahun lalu (kalau tidak salah) UM UNDIP hanya diadakan satu gelombang saja. UM UNDIP juga ada UM untuk S1 dan UM untuk DIII, Infonya buka disini.

Jalur Pendaftaran Jadwal Ujian
Ujian Mandiri S1 09 – 20 Juli 2012 2 Juli 2012
Ujian Mandiri DIII 10 Mei – 23 Juli 2012 29 Juli 2012

Kemudian pelaksanaan Ujian Tertulis diadakan dibeberapa tempat selain Semarang tentunya. Diantaranya Jakarta, Bandung, Surabaya, Lampung, Pekanbaru, Medan, Samarinda, Pangkalan Bun, Lamandau dan Denpasar.

UNIVERSITAS PADJAJARAN, Bandung mengadakan SMUP (SELEKSI MASUK UNPAD). Buka disini untuk info lebih lanjut.

INSTITUT PERTANIAN BOGOR, memiliki beberapa program Ujian Mandiri seperti Beasiswa Utusan Daerah (BUD), Ujian Talenta Masuk IPB (UTMI), serta Prestasi internasional (PIN). Infonya bisa dilihat disini.

UNIVERSITAS BRAWIJAYA, Malang memiliki program SELEKSI MASUK (SELMA) UB.

UNIVERSITAS JENDRAL SOEDIRMAN, Purwokerto memiliki program SPMB UNSOED. Cek disini.

Sudah ada jadwal SELEKSI MANDIRI UNSOED

Jadwal SPMB UNSOED

UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA, mengadakan PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) UNY. Lihat disini. Pelaksanaan ujian diadakan di Yogyakarta.

Jadwal Pendaftaran Jadwal Ujian Pengunguman
25 Juni – 6 Juli (Lulusan 2008 s.d 2011)7 Juli – 12 Juli  (Lulusan 2012) 15 Juli 16 – 17 Juli 21 Juli

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA, Bandung memiliki program UM UPI. Buka disini.

Penerimaan UM UPI sama dengan PKM ITS dan SPMB UNS, sehingga menggunakan nilai SNMPTN.

Jadwal Pendaftaran Pengunguman
8 Juli – 20 Juli 4 Agustus

UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG, akan mengadakan SPMU (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes). Buka disini untuk info.

CATATAN :

Harap Adek-adek semua membuka infonya di situs univeristas masing-masing. Kalau konsultasi ke saya masalah teknis saya juga tidak bisa menjawab sepenuhnya.

MOHON MAAF DARI SAYA.

Terima kasih.

INFO TERBARU

Teman-teman semua bisa mengisi form mengenai kampus pilihan atau kampus yang diminati. Isinya disini yah, terus buat teman-teman yang ingin mendonasikan dana untuk saya untuk mengembangkan menjadi Lembaga Konsultasi Pendidikan bisa kirim email ke topick.dodo@gmail.com.

Form Kuisioner Kampus yang kita pilih.

Thanks!

INFO SNMPTN 2013 bisa dibuka disini.

340 thoughts on “JADWAL SNMPTN DAN UJIAN MANDIRI UNIVERSITAS 2012

  1. ola says:

    selma ub nya kok ga ada?

  2. nadh says:

    Mandiri ipb g ada ya?

  3. thewell says:

    UNS ngadain UM bwat mhsiswa bru S1 gk? Trim’s.

  4. thewell says:

    UNS ngdain UM utk S1 gk mas?

  5. rizuma says:

    Tanya mas…..jadwal ujian um undip apa bener tanggal 2 Juli? Kok jadwal pendaftarannya 9-20 Juli….*bingung* >,<

  6. jasmim azzahra says:

    mau tanya mas,,, biasanya mata pelajaran yang diujiankan pada jalur mandiri Univ.UNAIR itu apa saja ya????

    • Mas Taufik says:

      Aku dulu pernah ikut UNAIR, PMDK Prestasi cz dulu bekum ada sistem SNMPTN Jalur Prestasi. Setahu ku yang diujikan sama dnegan model SPBM/SNMPTN. Bedanya timing mengerjakan soal di Unair sangat singkat. So kamu harus pinter-pinter memilih soal yang memang kamu sudah tahu jawabannya dan memang benar. Selanjutnya perbanyak doa yah :D

  7. qurais says:

    waduh ini blognya esangat membantu sekali :D
    saya mau tanya sebenarnya UM UNPAD ada untuk S1 nya gak sih? di webnya kok ga ada yaaah
    terima kasih

    • Mas Taufik says:

      Makasih, aku juga dulu pas mau kuliah bingung banget cari2 info jadwal masuk PTN ><
      Kalo belum ada di web resmi berarti belum buka. Tennag aja pengalaman tahun2 kemarin UNPAD, IPB itu rada lama jadwalnya …. Masuk Unair aja yah :D

      • qurais says:

        mau sih masuk unair tapi masuk jadi mahasiswanya yg agak sulit. sulit bgt malah huhu
        kak ada tips trick u? mengerjakan soal2 mandiri, trs soal sumbangan dan sebagainya. terima kasih :D

  8. ERLISA DWI S says:

    ass …
    mas mau tanya di unair ada fakultas ILMU GIZI ga???
    terimakasih

    • Mas Taufik says:

      wassalamu’alaikum dek,
      setau ku Ilmu Gizi adanya di IPB sama UGM,
      Kalo Unair adanya S1 Kesehatan Masyarakat, tapi ada peminatan Gizi nya kalau nggak salah.

  9. cakz says:

    kalau pmdk mandiri unair apa harus mangikuti snmptn terlebih dahulu? trims

  10. lidra says:

    kalau mau ikut SMUP Unpad, apakah di snmptn tulis kita harus milih unpad juga atau boleh milih univ yg lain? makasih

    • Mas Taufik says:

      Maaf baru balas >,<
      Sepertinya nggak wajib deh soalnya kan SNMOTN berbeda dengan SMUP. Hanya saja yang digunakan nilai SNMPTN bukan jurusan di SNMPTN, tar SMUP kan milih lagi jurusannya. maaf banget yah infonya telat.

  11. lidra says:

    kalau mau ikut SMUP Unpad, apakah di snmptn tulis kita harus milih unpad juga atau boleh milih univ yg lain?

  12. adit bayu says:

    wah ini tempat emang top dah penuh manfaat didalemnya hehehe
    oh iya UGM bener ga ada utul nya ya?

  13. Fauziyyah Putri Awalia says:

    permisi, kalo pengumuman snmptn undangan ui itu bener tgl 25 mei? d website snmptn.ac.id bukan?

  14. melissa says:

    assalamualaikum, mau tanya kenapa ya UGM meniadakan ujian mandiri ?
    terus kalau UNS mengadakan ujian mandiri ga? kalau iya tanggal berapa pendaftaran dan testnya? terima kasih :)

  15. shinta says:

    Wahhh… info sangat membantuu… terimaksih ya…..

  16. anhy says:

    assalamualaikum,,,
    mas mau tanya,,,tes UM S1 masuk UNDIP untuk transfer nilai D-III apa yach??hanya TPA atau masih ada tes lain??

  17. raisya says:

    biaya mandiri upi berapa kak?

  18. Lya says:

    jalur UM smua itu bayar SPP uang gedung dll itu beda sama snmptn tulis n undangan / sama aja ya ?

    • Mas Taufik says:

      Maaf baru balas >,<
      tergantung universitasnya.
      Kalo di Un air berbeda, beberapa kampus biasanya mematok penerimaan mandiri leboh mahal daripada SNMPTN.

  19. erin says:

    syarat ikut jalur ujian mandiri itu gak boleh ketrima di univ manapun mas?

  20. adis says:

    assalamualaikum mas, mau tanya tentang biaya universitasnya ada gak mas??
    cz, gak semua univ mencantumkan biaya nya

    biaya semester dan masuk univ nya
    mohon bantuannya.
    trimakasih ^.^

  21. adis says:

    mas kalau fk di unair biaya masuk dan persemesternya berapa yh mas??
    makasih..

    blognya sangan membantu >.<

  22. kiki says:

    unj gak ada?

  23. Rogate conny says:

    saya pengen nya ke fk.hewan di ipb.
    uang sumbangan dan persmester ny brp ya mas?

  24. Rogate conny says:

    maksud saya kalo jalur mandiri uang sumbangan ny brp di fk.hewan ipb??
    uang per smester ny brp y mas?

  25. mas taufik katanya jalur mandiri gampang masuk nya yah??
    sekalian biaya sumbangan fk jalur mandiri paling tinggi/rendah brp kira2?

    • Mas Taufik says:

      Di Unair ??
      Wah masalah gampang enggaknya tergantung kamu lolos tesnya tau tidak :D
      Kalau di Unair kayaknya minimal 130 jutaan loh. Buka Web nya ada biaya lengkiapnya kok.

    • Feby says:

      jalur mandiri memang tidak selalu muah, contohnya saja di UNAIR, selain sumbangan yang di pertimbangkan, otak kita juga harus encer. Jadi, untuk masuk FK UNAIR bisa di katakan tidak mudah.

      • Feby says:

        ralat : jalur mandiri memang tidak selalu mudah, contohnya saja di UNAIR, selain sumbangan yang di pertimbangkan, otak kita juga harus encer. Jadi, untuk masuk FK UNAIR bisa di katakan tidak mudah.

  26. erin says:

    kak, apakah untuk bisa ikut SPMB UNS gk boleh ketrima di universitas manapun saat SNMPTN tulis? soalnya SMPB UNS kan gk pake tes, tp pake hasil SNMPTN tulis… makasih kak :)

    • Mas Taufik says:

      Kata siapa ??
      enggak juga deh kayaknya, aku kurang paham dek masalah penerimaan jalur Mandiri lewat hasil Ujian SNMPTN. Sepertinya bebas, suka-suka kamu. Kalo kamu udah lolos dan nggak cocok, kan nggak apa-apa nyoba lagi Jalur Mandiri.
      Good luck!

      • erin says:

        ohh,, gitu… makasih mas y,. bermanfaat sekalii :) kalo ujian mandiri yang pake tes gitu soal-soalnya setipe dgn soal SNMPTN mas?

      • Mas Taufik says:

        Tergantung Universitas mana.
        Kalo Mandiri Unair agak berbeda dengan soal SNMPTN cuma hampir setipe.

  27. tania says:

    yg undip… daftar tgl 9 – 20 juli ujian 2 juli. kok ujian sebelum daftar??

    • Mas Taufik says:

      Karalo UM Undip pendaftaran 8-19 Juli. Kayaknya Ujian tanggal 20 Juli. Mungkin yang aku posting keliru tanggal dari undipnya. Kadang-kadang Undip memang begitu, tahun lalu juga ada penrgantian tanggal. harap maklum ya :)

    • Feby says:

      undip pendaftaran 9-19 juli, test’nya tgl 22 juli

  28. erin says:

    o iya, PPSB/ undangan unsoed itu tes juga mas? atau pke raport yaa? trimakasih :)

  29. mas taufik anak unair yah???
    wahh,sekalian sharing info boleh ga minta no hp atau pin gt.. :D

  30. fani says:

    kalau universitas lampung kapan buka jalur mandiri nya? trmksh

  31. septian says:

    sangat membantu , makasih

  32. Fatimah says:

    Mas, jadwal ujian masuk ipb kapan aja ya??

  33. resmalla says:

    mas mau tanya, kalau kita masuk perguruan tinggi negeri dengan jalur tes mandiri apa bayarannya lebih mahal?? biasanya kalau swadana UNS berapa ya, tau gag ?? makasih mas :)

  34. Linanda says:

    um – brawijaya ada ga? kapan ?

  35. deya says:

    kok situs buat simak UInya ga bisa di buka deh? :(

  36. erlita karlina says:

    apa benar kalau mau mengikuti ujian mandiri univ brawijaya, harus ikut SNMPTN Tertulis dulu ?

    • Mas Taufik says:

      Maaf baru reply, setau ku nggak. Yang perlu ikut SNMPTN Tulis itu hnya kampus-kampus yang mensyaratkan Mandiri lewat SNMPTN Tulis seperti ITS, UPI, UNS, dsb.

  37. ERWIN INSANI says:

    apakah ugm hanya menerima mahasiswa baru lewt snmptn doang??? gag ada mandiri ??

  38. kak taufik, UM UNILA kpan ya kak mulai pendaftarannya?
    sama tesnya :)

  39. RATNA says:

    Mas,,ada tau info buat program ekstensi di unsoed gak???

  40. “nilai Ujian Mandiri diambil dari hasil SNMPTN”
    maksud kakak gimana ????

  41. irfan says:

    Kak, kalo UM biayanya mahal katanya yah…..

  42. nizar says:

    kalau jalur mandiri unej ada gk mas ???

  43. nova pratiwi says:

    Maaf untuk jadwal pendaftaran dan ujian UM yang bener yang mana ya ? Terima kasih

    • Mas Taufik says:

      Maaf info di blog q cuma beberapa rangkuman tanggal aja, mungkin ada tanggal yang berubah, terkait q jarang update semua info tanggal ujian mandiri {TN2. Mohon buka web nya aja buat info lebih lengkap >,<

  44. Henny says:

    Untuk UGM, selain lewat SNMPTN apa? terimakasih :)

  45. Nova Pratiwi says:

    maaf untuk jadwal ujian mandiri uny dan unsoed, benar tanggal segitu ? kok ujiannya bersamaan yah tanggalnya? terima kasih

    • Mas Taufik says:

      Maaf banget masalah tangal cek lagi di web nya amsing-masing.
      Memang kadang ada jadwal yang bentrok sebab ujian mandiri tanggalnya memang mepet2 semua, jadi pinter-pinter milih tanggal dan kampus.

  46. rizki says:

    UM Universitas andalas ad nggak mas???

  47. dyta says:

    info tntang UGM dunkz mas.,.,.sma UNAIR juga.,.
    tntang seleksi masuk yg blum di lakukan ??

  48. sharoon says:

    kalau lewat tes jalur mandiri ,apa kt bebas memilih jurusan? apa kalo lewat ujian mandiri itu cuma jurusan tertentu aja yg oleh di pilih hehe
    terimakasih

  49. Galuh Septi says:

    nyari satu satu sampe mumet, eh disini ada semua yang saya cari. makasih ya ka :)

  50. Feby says:

    Assalamualaikum, mas Taufiq.
    Saya mau tanya nih, adakah website lain yang bisa memberikan keterangan terkait dengan UM-UNDIP? Soalnya website resminya tidak bisa di akses.
    Terima kasih.
    Wassalam.

    • Mas Taufik says:

      Wa’alaikum salam.
      kalau web nya ga bisa di akses berarti ada kendala teknis disana. Maaf banget aku kurang tau info lengkap per universitas. hehe.
      Hubungi nomer q aja kalau mau tanya2 tentang jalur/jurusan.

  51. adik says:

    mas mau nanya dan mau minta saran . kalau gak ktrima snmptn, mending pilih jalur swadana ato ujian mandiri ?
    terus swadana UNAIR sama ujian mandirinya mahalan mana ? pengen masuk UNAIR nih :)

  52. vicy says:

    mas mau nanya bedanya pssb/undangan s1/d3 dengan spmb ujian tulis s1/d3 unsoed apaan? :)

  53. numpang nanya.. says:

    mas, kalo jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD), Ujian Talenta Masuk IPB (UTMI), serta Prestasi internasional (PIN) punyanya IPB itu harus anak yg berprestasi doang ya? orang biasa2 saja ga bisa ikut?

  54. shodiqilkhafili says:

    mas SPMB UNS itu pake ts apa g ya?

  55. Galuh Septi says:

    okidokiiii :D

  56. Dewidm says:

    terimakasih infonya… :)

  57. jinki says:

    mas kalo UM di unj ada nggak ? hehe

  58. uti says:

    mas, aku mau masuk fk dimana aja deh, yang ga mahal tuh dimana yaa? trims :)

  59. ACHMAD ANNURI says:

    ada nggak UM/USm UNILA thn ini ya.? kalo ad biasa ny lngsng d univ ny ya tes ny.?
    biasa ny biaya masuk FK UNILA lwat USM brp ya.?

  60. ryo says:

    Ka apa c bedanya SWADANA, PPMB, PMB, PMDK, UMB.PT, SM, SPMB?

    • Mas Taufik says:

      Sama saja itu hanya istilah yang digunakan untuk seleksi jalur mandiri PTN, dek. Tiap PTN beda-beda kasih namanya.
      Kalo UMB (Ujian Masuk Bersama) hampir mirip dengan SNMPTN hanya beberapa univeritas aja yang gabung,

  61. uti says:

    kalo unej terhitung murah ga mas mandirinya?

  62. uti says:

    oh iya mas klo unsri jalurnya ada apa aja? ada situs penerimaannya ga? maaf loh ya mas banyak nanya soalnya lagi compare aja hehe makasiiih mas :)

  63. DICE says:

    Asalam wr wb
    maaf kak ,,,
    mau nanya, klw daftar ujian mandiri di unpad itu gimana yach cara nya ,truz tolong cariin juga daftar harga untuk seluruh jurusan dan juga tangal pendaftaran serta tangal ujian nya.
    makasih atas informasi nya.

  64. Amanda Nazia Praditara says:

    kak daftar SPMB UNS bagaimana caranya ?

    • Mas Taufik says:

      Buka webnya dek, disana ada caranya.
      Kalo UNS cuma bayar biaya pendaftara, ngirim formulir, udah. Ga ada seleksi ujian. Jadi penilaian dari nilai SNMPTN Ujian Tulis mu kemarin.

  65. Ahmad says:

    ko UM unpad ga bisa dibuka mas ~,~ makasih

  66. wiyah says:

    kok jadwal ujian mandiri UNAND gak ada kak?????

  67. kinta says:

    maaf kalo untuk universitas lampung um nya kapan ya ?mohon infonya .

  68. rahma melinda says:

    smup unpad knpa ga bisa di akses..???

  69. deki andra says:

    sya tamatan tahun 2008 bisa gag ya ikut jalur di atas….tq

  70. aydha says:

    mmm,,, mkasi ya kak…infrmsi nya sngat mmbantu n lengkap…

  71. wardani says:

    jalur mndiri UNM ada nggak?

    • Mas Taufik says:

      Kalau UNM sudah tak cari infonya sepertinya tidak menyelenggarkaan Ujian Mandiri. Mungkin kalau kamu di daerah Makassar bisa menoba datang langsung ke kampusnya dan menanyakan ke pihak rektorat.
      Trims.

  72. woi UB knp gak dicantumn sih, kan ada mandirinya

  73. nasya says:

    mas mau tanya ..kalo saya dari jurusan ipa tapi ikut um prodi ips itu bsa gak si mas ??

  74. avrino gucci says:

    jalur mandiri UB yang fakultas FISIP kok gak tercantum yah ????
    di mana bisa lihat biaya nya yang jalur mandiri UB fakultas FISIP nya
    bls , makasih

  75. izdihar hanifah says:

    Maaf mas, mau nanya kalau mau ikut smup yg s1 tp pilihannya satu prodi ipa dan satunya prodi ips bisa ga? tp saya snmptnnya ambil ipa.. hehe :p makasi mas :)

  76. sarieabdi says:

    kapan yaaa pendaftaran ujian mandiri UNAND pak rektorrrr

  77. ryo says:

    t5hanks ya ka , klo pendaftaran UMB apa situs resminya n kpn mulai d bka?

  78. ines says:

    mas, mau tanya biaya mandiri untuk fk yang paling murah di universitas apa ya? thx.

    • Mas Taufik says:

      Kalo fk paling murah ??
      kayaknya hampir semua sama deh …
      (sama-sama mahal)
      hehhe, yang murah biasanya dari SNMPTN, dek. Kalo jalur mandiri hampir sama.

  79. ivan says:

    kak mau tnya unila kpn jalur mandiri

  80. vita says:

    mau nanya, kalo smup itu mau daftar, kitanya harusu buat nomor tagihan dulu atau bisa langsung pendaftaran s1 nya?
    makasi :D

  81. Rosmiati Bakri says:

    Kalau UNM Makassar,
    knpa ga ada jadwal jalur mandiri.x?
    Mohon blsnx.
    Mkasih..

  82. dini says:

    mau nanya um unand ada gak tahun ini? yang di http://spmbm.unand.ac.id/ memang belum update apa gimana? masih yang tahun kemaren
    makasih :)

  83. tara says:

    mas, beda umb sama um apa ya?tks :)

    • Mas Taufik says:

      UM itu hampir sama kayak SNMPTN bedanya lebih sedikit PTN dan sekarang ebberapa PTS ikut juga.
      Masalah biaya, UMB sepertinya hampir sama dengan ujian mandiri.

  84. faddhil says:

    assalamualaikum”

    saya mau nanya
    kalo ujian mandiri UNAIR biasanya dilaksanakan dimana?
    apakah langsung di universitas tersebut,atau ada tempat perwakilan di luar daerah surabaya??

    terimakasih

  85. haifa says:

    assalamualaikum mas mau tanya cara pendaftaran um unsoed tetapi jalur bidik misi..saya sudah terdaftar di bidik misi,tinggal daftar um ke ptn nya saja tapi saya bingung..mohon infonya yah :)

  86. syaeful aziz says:

    mas ..
    klo pndaftaran um 11 maret solo kpn yaa??
    trz ..alamat web’nya pa?
    mksii…

  87. 01011994 says:

    sy mau tanya donk…
    apa aja sih nama jalur masuk buat k ptn??
    thanx

  88. Endah says:

    wah blognya sangat membantu skali!. Mau tanya kak, kalo UM itu sistem penilaiannya sperti SNMPTN (bnar +4, salah -1) atau ngga?

  89. Endah says:

    Oh iya kak, kalau UM itu boleh lebih dari 1 univ ngga? maksimalnya itu daftar brp univ? apakah praturannya sama seperti snmptn?

    • Mas Taufik says:

      Kamu daftar smeua jalur mandiri PTN bisa saja. Cuma masalah biaya pendaftaran yang sayang dibuang-buang :p
      So kamu pilih yang memang menjadi target mu aja, jangan memaksa mendaftar. Lihat juga jadwal ujiannya soalnya beberapa PTN jadwal ujiannya bentrok.

  90. shof says:

    da g ujian masuk/ mandiri yg diadain sebel
    um pengumuman snmptn tulis?

  91. insan says:

    spmb unsoed itu menggunakan tes lagi atau seperti unpad yang memakai nilai snmptn?

  92. Alfina says:

    informasinya sangat membantu kak :) hehe
    oh ya, kalo UNNES tes jalur mandirinya itu nanti pakai nilai SNMPTN TULIS atau ada tes nya lg kak, sekian makasih ;)

  93. jajat says:

    itu kok UM undip pendaftaran nya 09-20 juli, tapi kok ujian nya 2 juli yah??

  94. kak kalo fk unair um peminatnya banyak ya? biayanya gmna? kuotanya bnyk enggak??

  95. dewi says:

    UNILA blm ada ya..?

  96. etha says:

    jdwl.ny jalur mandiri di unesa gmn ?

  97. nhissa says:

    kak, situs unila http://www.unila.ac.id/index.php/en/pendaftaran/pendaftaran-mahasiswa-baru itu tahun 2010/2011.
    yg 2012 ada ngga kak? aku cari ngga ketemu ==’
    tolongg banget kak T.T

  98. FUNNY says:

    kalo smup pke tes atau nilai snmptn aja ?? mohon jawabnya

  99. ambar says:

    kak ak mau tnya, SP 3 UNAIR it bagi yg tidak mampu apkah harus diisi??

  100. sora says:

    unpad ada UM gk ?

  101. julhari says:

    lokasi ujian utk ujian mandiri setiap universitas biasa dimana? D kota universitas itu ato d setiap kota d adakan ?

  102. Fitrah says:

    Assalamualaikum ..
    Numpang tanya nch mas2… om2
    cara maen jlur mandiri iTS it gmana ?
    mksdx kn it d dasarkan pda nilai snmptn tulis, tp pa pda saat kta ngisi borang kta d suruh nyantumin sumbanganx pa tdak .. mksih :P

  103. nurkholis says:

    mas ad nomer yg bisa dihubungi? buat tanya* info

  104. rany febri tania says:

    I LIKE IT mas.. fk usu cuma bisa lewat umb yg jenis IV ya?? atw ada jalur nya sendiri
    kok jadwal um unsri sama unand beda1 hari yah mas?? :'(

  105. Sri_Astriani says:

    mas,, saya mw tanyak.
    kalo Kita mw daftar di UPI yang jalur mandiri berlaku Bidik Misi nggak ?

  106. annisa says:

    Ass.. :)
    Jalur pssb/undangan unsoed Чªπğ d lksanain tgl 7-10 juli tu mksdny gmn y? Trims

  107. sofyan says:

    msih da gak pnrmaan mahasiswa mndri d unand?
    tlng infrmsi-alah

  108. fian says:

    yang masih bukak jalur prestasi non akademik universitas mana aja yaa ??

  109. debby says:

    kk kalau unila ngadain UM nya kpan ya ?kalau ada lbh lengkap nya kirim ke alamat email

  110. nurkholis says:

    gimana cr kalo mau tau biaya masuk jalur mandiri di univ unpad, undip, unand udh dicari ga ada info ny.
    tolong kasih tau proses pndaftaran masuk jalur mandiri itu

  111. mevha says:

    mas, mau tanya ne kalo mau ikut SPMB d UNS kan harus pakek nilai snmptn yang tertulis, nah kalau kita nya ndak ikut snmptn tertulis ya gmana, tapi kemerin aku keterima undangan d UNS, tp telat registrasi nya jadi ya di disk..!

  112. rahaman says:

    kak klo pendaftaran gelombang kedua umn itu kapan ya ?

  113. ariestakuri says:

    Mas, daftar jalur mandiri UNAIR tahun 2012 dimana?
    Pendaftaran bayar berapa?
    Kalo bisa sekalian biayanya untuk HI.
    Matur suwun mas.

  114. insan says:

    maaf mau bertanya, nyari biaya pendidikan spmb unsoed 2012 dimana ya?

  115. CHITRA says:

    uns kok official linknya gabisa dibuka si?
    trs jadwalnya mepet banget :(

  116. alfiah says:

    smup itu beli pin aja trs di seleksi dari nilai snmptn,,atau ada ujian juga ya..?? tlong jwb ya

  117. wulandari says:

    mz uny gmn ?????????????????????????????????????????????????

  118. Eka says:

    Lox d Unila,bgi yg tidak lulus snmptn jalur tertulis,ad jalur mandiri na ap gx?

  119. grace_wimeska says:

    mas kok smup unpad gk ada tgl pendftrnny y?

  120. johanes says:

    kalau sesuai test di atas yang bayarannya setara snmptn ada gak ya om?
    berkeinginan masuk ptn baru sekarang2 nih saya om hahah, terlambat banget

  121. hanah says:

    ujian mandiri itu harus ke PTNnya langsung ya?

  122. mau bertanya kapn jadwal pendaftaran ulang di UNM n brp pembayarannya

  123. eviprincs says:

    websitenya UNS sering banget susah dibuka

  124. eva says:

    maaf saya mau tanya, kalau pendaftaran UM UNILA kapan bukanya ya,,

  125. abry says:

    tanya borongan ya kak

    1.tempat tes um unair dimana?
    2.sp3 di web unair buat jalur um itu minimalnya ya? kalo di sp3 kita, boleh ngisi lebih/kurang dari nominal di web?
    3.ada informasi tentang kuota dari um undip per prodi kah?
    4.pengumuman hasil um unair sama undip kapan?

    mohonbantuanya, nuhun kakak.

  126. rimaa says:

    MAS KALO JADWALNYA UM kn beda” , berarti bisa milih 2/lebih univ gtu ?

  127. hani says:

    kak kalau swadana uns itu walaupun waktu usnmptn utul kita tdk ngambil di uns apakah bisa ikut swadananya ?

  128. mega indrianai says:

    mas.
    universitas mana aja yang buka pendaftaran. untuk FK jalur mandiri ?
    yang berada di pulau sumatera ??
    trim’s

  129. lizi says:

    biaya swadana uns jpok donk

  130. ofi says:

    mau tanya untuk mandiri Universitas negeri malang gmn???

  131. dian tias says:

    untuk pendaftaran ulang yg diterima di jalur tertulis,untuk IPB kapan pendaftaran ulangnya? dan aa saja persyaratannya? tlg infonya segera yaa…

  132. fransiskus alpendi says:

    bwat unila UM nya kapan…..???

  133. fara says:

    “kak ,,, maksudnya “nilai Ujian Mandiri diambil dari hasil SNMPTN” gimana ???”

    Mas Taufik says:
    June 18, 2012 at 9:59 am
    “Mkasudnya kamu nanti ngirim berka formulir pendaftaran, tapi ga ada tes soalnya penilaian dari ujia SNMPTN kemarin”

    yg mau saya tanyakan lagi dari mana kita tahu nilai ujian snmptn kita???
    kan kalu hasil ujian snmptnnya rndah mending g ikut jalur PKM di ITS . Tapi kalau ternya nilaiinya tinggi kan bisa ikut daftar setidaknya ada harapan kalau nilainya tinggi….

  134. FAA says:

    Mau nanya istilah SOP dn SP3 di unair itu artinya apa ya?
    Fk unsoed jalur um biayanya berapa? thx :)

  135. Andien says:

    mas mau tanya, kalau ujian mandiri, bisa pilih jurusannya beda universitas apa sesama universitas, terus jurusannya boleh beda gak?

  136. Ayla Azdicni says:

    mw tax, ad g y.., perincian nlai smw yg ikt SNMPTN tulis?

  137. puspa says:

    mas kan aku bca dftr ptn yg nyediain UM di blognya Mas, kalo UM UNY ada yg dliat dri hasil snptn gg ? ato tes aja.. mksh

  138. vivie aida says:

    mas kalo mau dftr UNS wajib melampirkan berkas apa aja ya ?brkasnya dikirim stelah ketrima apa ssudah pndftaran ?
    Ohya kok web uns ga bisa dibuka ya ?
    Mksh :)

  139. vera says:

    mau tanya jalur mandiri di unpad tanggal berapa.. dan tau gk berapa kira” biayanya?? denger” 95 juta? bls gpl

  140. ika says:

    um jembernya kok gk da kak?

  141. Ilhamkg says:

    maaf ka, buat yg udah daftar SMUP kalau yang sudah diterima di snmptn tulis, otomatis SMUP nya gadapet ya ka? saya diterimanya di pilihan ke dua yg bukan UNPAD, tapi tiba-tiba kepingin di UNPAD :(

  142. bboy says:

    untuk unri ada UM nya ngga mas?? thanks

  143. imam muhammad says:

    asslmualaikum wr wb
    mw tanya ni mz….ujian mandiri Universitas Negeri Malang apakah ada…..?
    thanks….
    wasslamualaikum wr wb

  144. TIYA says:

    unri di jalur mandirinya ga ada prodi kedokteran ya?

  145. Diobayu Galant Pratama says:

    Saya mau bertanya nih, kalo kita sudah daftar, nanti tesnya di Universitasnya atau di wilayah tertentu ?

  146. fahmi says:

    5af ms, PKM ITS koq pendaftarannya tgl 1 jun – 7 jul ? Tp di sini tgl 9 – 18 Juli 2012 ? coba untuk buka http://www.scribd.com/doc/96559950/Smits ,, ap utk daftar sudah terlambat?

  147. lupita says:

    kak mau tanya. kalo um fkh unair it bayarnya pake sop apa so3.bingung ttng it soalny. trus bedany sop sm so3 apa?

  148. kiky says:

    mau tanya mas.. spmb uns itu kan kita hanya perlu mendaftar lagi tanpa harus membayar ato bagaimana ? lalu tanpa ujian, itu maksudnya bagaimana ? biaya pendidikan untuk pendidikan dokter kira” berapa ya ? mohon dibalas.. terima kasih

  149. Armand says:

    mas, untuk penngumuman UM Undip S1 itu kpan ya ??? hehee…

  150. novandi rizky says:

    klo um unpad tanggal brapa ya tesnya?

  151. gan , gimanaa cara bayar ppsb unsoed ke bank ? :D

  152. ahlidin says:

    maaf mas, mau nanya. saya mau lihat kompilasi soal um unair sama unila tahun lalu, kira2 bisa saya dapatkan lewat mana ya? mohon bantuannya, makasih:)

  153. arrinda says:

    pendaftaran jalur mandiri di universitas negeri malang kapan ya ???

  154. rima naoki says:

    asalammualaikum mas, mau nanya. biasanya hal administrasi dibaayr dimuka apa tiap tahun?

  155. stefani lusia luma says:

    bagaimana cara daftar jalur posk unhas atau websitenya?dan bagaimana daftar jalur tulis gelombang kedua unm?

  156. fany says:

    kak, mau nanya kalau umb usu jalur reguler sama gak biayanya sama snmptn? atau uang pangkalnya lebih mahal. trims buat blognyaa, sangat membantu :))

  157. Khoirul Fanani says:

    Kak,kalok tes mandiri bisa dapat beasiswa gak?

  158. uciperuzzi says:

    assalamu’alaikum mas..
    mau tanya, apakah biaya dana pengembangan (per fakultas) yang tertera di situs smup unpad itu harga pas apa harga minimalnya?
    makasih mas :)

  159. luqman says:

    SM unair daftarnya langsung ke unair atau daftar online ?
    tesnya apa saja ?

  160. lia says:

    kak , mau tanya info tentang unair..
    soal-soalnya ujian masuk unair kyk gmna sih? makasih

  161. fariz says:

    mau nanya, kalo mau ikut spmb swadana uns tuh saratnya pas snmoptn tulis kita milih uns yah?

  162. fathia says:

    uang pembangunan itu bayarnya tunai apa bisa dicicil ya kak?terus biaya persemesternya sama kyk yg snmptn apa gak?

  163. Riski Pratama says:

    Kalau saya ikut jalur mandiri dan memilih Its itu nanti tinggal daftar dan langsung tunggu pengumuman masuk gaknya pd tgl yg ditentukan itu Ya ?? atau daftar dan langsung masuk ITs Ya.

  164. UM upi cuman diliat dari hasil snmptn? gada test tulis lagi atau wawancara? kira2 minimal uang pangkal berapa ya?

  165. heru says:

    mas mau tanya kan saya mau daftar salah satu PTN tapi ada persetujuan yang mengikat
    disitu ditulis jika diterima tidak boleh mengundurkan diri
    nah saya juga kan daftar k PTN lain juga untuk jaga jaga jika tidak diterima
    tapi kalau dua duanya keterima bagaimana mas?mohon penjelasannya

    • Mas Taufik says:

      Kata siapa tidak boleh mengundurkan diri, nggak masalah dek. Aku dulu diterima di D3 UGM, udah bayar dan lain-lain, tapi aku ketrima di Unair S1. Progam di D3 UGM tak tinggalin. Memang uang kita tidak bisa kembali,

  166. kak kalo daftar SPMB UNS berapa? daftar dulu apa bayar dulu?

  167. festi says:

    kapan daftar ulang mahasiswa baru s1 yang diterima di UGM tahun 2012?

  168. aulia says:

    kak,um uns kpn?

  169. tofa says:

    mas mau tanya spmb unair mulai kapan di buka?

  170. Fida says:

    mas,
    jalur UMB itu sama aja dngan jalur mandiri bukan yaa??
    trma kasih atas jawabannya :)

  171. Rizky says:

    sekarang selma ub kalo udah dftar apa ada verifikasi berkas ?

  172. isti says:

    mas kalau di UNAIR .kalau di uang pembangunan yang masuk lewat UM kan lebih mahal kalau sppnya apakah juga lebih mahal dibanding masuk lewat SNMPTN??

  173. rch says:

    kak, punya soal” ujian mandiri Unair ? nyari dmn ” g ketemu …yg IPC.klo ada dibrtahu :-) .penilaian itu spt snmptn tls ,benar +4,salah -1,kosong 0 ?soalnya cari cara penilaian d webny g ada .makasih.

  174. ass,mas. mau tanya kalo UNSOED USM nya diadain kpn? trus biasanya kalo ikutan USN tmpt ujiannya di universitas itu? kalo di wlayah tmpt kita tinggal bisa gak?

  175. Chaisario says:

    info tentang smup unbraw ada gag?

  176. yanuardi says:

    mas blh minta nmr hp nya?q mau tanya banyak nih….

  177. arif says:

    mas kalo udah ikut UM UPI bisa ga sih kalo ngikut SMUP juga? mohon jawabannya besok terahir daftar smup mas, makasih sebelumnya

  178. khyandra says:

    Kak ingin bertanya nih, tidak adanya SNMPTN Tulis tahun depan tuh emang sudah pasti atau masih desas desus?

  179. Hefi says:

    gimana kalo mau ikut pkm its tapi gk ikut SNMPTN 2012? boleh ikut gk ?

  180. ganang says:

    um kalo PERSYARATAN ONDESK uns jalur tulis itu apa aja sih ?

  181. nuri says:

    mas, UM yang masi buka apa aja ya ma?

    Oiya mas, kita kan ga bisa tau kan ya nilai SNMPTN berapa.. aku mau ikut UM yang ga pake tes tapi pake nilai SNMPTN. tapi aku takut nilai ku rendah di SNMPTN, dan ga ktrima.. trus lebih baiknya gimana ya mas?

  182. vhe says:

    nyari cara daftar seleksi mandiri brawijaya kug susah

  183. hilman says:

    klo UM onsoed ada ga ?

  184. mhuthiia says:

    mau nanya ??
    seleksi mandiri adanya dmna ajj ??
    *kasih tau web’y yaa mas

  185. biXa nDx ngambiL di Usu meLalui maNdiRi, taPi ujiaNnya di LampuNg ?

  186. Handa hanhan says:

    Kalo UM PNJ da gk mas ? Biayanya brpa?

  187. Handa hanhan says:

    Kalo UM PNJ ada gk mas? Trus pndftrn.y t.akhr kapn ? Biaya pndftrn.y brpa?

  188. saifull says:

    unj setelah umaba ga ada ujian lagi yah? ui setelah simak ga ada ujian lg?

  189. arnold cole says:

    katanya 2013 ngak ada snmptn lagi,benar ngak mas?
    untuk ujian mandiri apakah lokasi ujian nya Di kampus kta mendaftar
    contoh simak UI apa kah kita harus ujian nya di kampus UI?
    apakah semua tanggal pelaksanaan ujian mandiri itu sama?

  190. cole says:

    mas kalau ujian mandiri brapa jurusan yang dapat kita ambil di setiap universitas?
    dan apakah kalau kita ujian mandiri di UNPAD apakah kita harus ujian di kampus UNPAD?
    blas ya mas…

  191. sherry says:

    univ swastanya ga ada yah? univ negeri masih ada yg buka ga ya ?

  192. amalia says:

    kak, tolong post JADWAL SNMPTN DAN UJIAN MANDIRI UNIVERSITAS 2013 dong kak. trims :)

  193. elin says:

    masih di buka ga maba nya

  194. kalau mandiri unsoed gimana ya mas> biayanya mahal ga? khususnya fkg. :) thx

  195. Amrull says:

    ass, kalo jurusan ipa trus mo ngambil HI bisa gak kak? trus kmungkinan dtrima na gmana kak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s