Konsep Ekonomis, Efisiensi, Efektif

Efisiensi

Pada tanggal 22 September 2011 lalu saya mengambil mata kuliah Organisasi dan Manajemen. Kali ini saya diajar oleh Bapak Falih Suaedi dari Departemen Administrasi Negara FISIP Unair. Beliau menjelaskan mengenai perbedaan konsep ekonomis, efisiensi dan efektif secara sederhana.

Hal ini menjelaskan antara apa yang seharusnya (planning) dengan apa yang senyatanya (penerapannya).

1. Ekonomis : Artinya berusaha dengan input yang minim pada perencanaan, maka pada pelaksanaannya juga diharapkan bisa dibuat cost yang seminim mungkin. Contoh : Kita menginginkan barang X yang bermerk dengan harga yang murah. Maka kita bisa mendapatkan harga yang sesuai dengan keinginan kita ketika adanya discount pada barang X tersebut.

2. Efisiensi : Artinya bahwa dengan input atau perencanaan tujuan maka bisa mendapatkan hasil oput yang maksimal, atau berdaya guna. Dengan kata lain, dengan konsep efisiensi maka bida berdaya guna. Bahwa dengan input yang baik juga, maka akan didapatkan output dengan hasil yang maksimal juga. Contoh : Mahasiswa yang berkuliah sebelumnya ada seleksi. Artinya tidak semua pendaftar bisa masuk. Hanya mereka yang bisa menjawab soal dengan benar serta berdasarkan peringkat nilai mereka. Setelah kuliah mereka dibekali dengan berbagai macam skill, seperti kemampuan bahasa asing, kemampuan wirausaha, kemampuan wawancara kerja, serta ilmu kuliah itu sendiri. Outputnya diharapkan mahasiswa bisa lulus secara tepat waktu dan memiliki skill yang dibutuhkan dilapangan pekerjaan. Adanya nilai tambah pada ouput itu sendiri.

3. Efektif : Output yang ditargetkan maka akan sama dengan ouput yang terealisasikan. Meskipun bisa direalisasikan namun terkadang tidak adanya nilai lebih, sebab hanya memenuhi target semata. Sama seperti contoh diatas. Bedanya ketika mahasiswa lulus ada yang tepat waktu atau molor. Namun hal inni tetaplah sesuai target, meskipun menjadi tidak adanya nilai lebih.

Sinergitas

Pengertian sinergitas, adalah menggabungkan dua atau lebih perusahaan dengan tujuan hasil atau output yang dihasilkan bisa menjadi lebih baik dan maksimal dengan mendatangkan keuntungan berlipat ganda.

Sinergitas = 1+1=4, 5, 6, 7, dst, dst ….

Demikian, semoga bisa bermanfaat.

About these ads

2 thoughts on “Konsep Ekonomis, Efisiensi, Efektif

  1. sandinova says:

    mas topik artikelnya bagus bisa menambah referensi saya tentang Sinergitas , mas bisa kan dibuatkan artikel tentang integritas biar berdampingan dengan sinergitas …

    Terima Kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s