SNMPTN dan JADWAL Ujian Mandiri

SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURURAN TINGGI (SNMPTN atau SENAMPTN) baru saja berakhir. Semua peserta tinggal menunggu pengunguman pada tanggal 30 Juni 2011. Bagi yang lolos, tentu bahagia. Namun, tidak semua yang lolos berbahagia, karena bisa saja ternyata jurusan yang mereka impikan tidak didapat. Namun, jangan kecewa dulu, bagi yang belum lolos atau belum mendapatkan jurusan yang diinginkan bisa mencoba ujian mandiri yang diadakan oleh Perguruan Tinggi Negeri. Sebenarnya menurut peraturan pemerintah bahwa kuota perbandingan SNMPTN dengan ujian mandiri adalah 60:40. Namun, jumlah kuota untuk ujian mandiri bisa lebih banyak lagi jika ternyata peserta yang lolos SNMPTN tidak melakukan registrasi hingga tenggat waktu yang telah ditentukan oleh pihak universitas. Sebenarnya amat disayangkan juga, mengingat peserta SNMPTN yang begitu besar, jika kita sudah lolos namun tidak mengambilnya. Namun, itu juga hak setiap orang untuk melepas jurusan yang sudah didapatkan.
Dari pengalaman saya, alhamdulillah berhasil lolos SNMPTN untuk jurusan Ilmu Politik di Universitas Airlangga. Bahagia, tentu saja namun saya sedikit menyesal karena tidak bisa masuk ke jurusan Akuntansi impian saya. Mungkin inilah suratan takdir dari Allah SWT yang menginginkan agar bisa hidup di Kota Surabaya. Saya juga sempat mencoba mendaftar kembali SNMPTN 2010, namun ternyata tidak lolos juga. Berarti memang inilah tempat terbaik bagi saya di Fisip Unair.
Beberapa teman saya ada yang mencoba mengulang kesuksesan lolos SNMPTN. Ada beberapa teman saya dari Ilmu Politik juga yang berhasil lolos SNMPTN (lagi). Bahkan ada yang berhasil tembus Pendidkan Dokter Unair, maupun tembus Ilmu Politik Unair (kalo yang terakhir, sebelumnya dari jurusan PMDK Umum Unair dan setelah berhasil lolos SNMPTN maka biaya pendidikannya lebih murah).
Itu pengalaman dari SNMPTN, sementara pengalaman Ujian Mandiri saya hanya mendaftar di Utul UGM dan SPMB Unsoed dan kedua-duanya sukses gagal total. Namun, untuk tahun ini Ujian Mandiri di ITB dan UGM resmi ditiadakan, sehingga kesempatan mahasiswa baru hanya melalui jalur SNMPTN saja. Sementara untuk kampus lain, seperti UI, IPB, UNDIP, UNAIR, ITS, UB, UNSOED, UNPAD dan yang lain tetap menyelenggarakan ujian mandiri.
Jadwal pelaksanaan Ujian Mandiri di Perguruan Tinggi Negeri :
Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) dilaksanakan pada tanggal 3 Juli 2011.
Penerimaan Minat Dan Kemampuan Jalur Umum Universitas Airlangga (PMDK Umum UNAIR) akan dilaksanakan pada 3 Juli 2011 (gelombang pertama) dan 24 Juli 2011 (gelombang kedua).
Institut Pertanian Bogor memiliki Ujian Saringan Masuk (USMI) yang tahun ini berubah menjadi SNMPTN Jalur Undangan. Sementara Ujian Talenta Masuk (UTM IPB) akan dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2011.
Ujian Mandiri Universitas Diponegoro (UM UNDIP) akan dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2011.
Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Jendral Soedirman Purwokerto (SPMB UNSOED) akan dilaksanakan pada tanggal 24 Juli 2011.
Sementara Jalur Mandiri atau Jalur Swadana di Universitas Sebelas Maret Solo (Jalur Swadana UNS), Universitas Padjajaran Bandung SMUP UNPAD, dan Program Kemitraan dan Mandiri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (PKM ITS) dilaksanakan bagi mereka yang telah mengikuti SNMPTN namun belum berhasil lolos, sehingga penilaian didasarkan pada hasil ujian SNMPTN dengan sebelumnya mewajibkan mengirimkan berkas-berkas yang dibutuhkan atau melakukan pendaftaran secara online.
Seleksi Penerimaan Mahasiswa Khusus Universitas Brawijaya Malang (SPMK UB) dilaksanakan tanggal 15 Juli 2011.
Seleksi Mandiri Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (SMUP UNNES) dilaksanakan pada tanggal 10 Juli 2011 di kota masing-masing.
Sementara seleksi mandiri mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dilaksanakan tanggal 27 dan 28 Juli 2011.
UMB (Ujian Masuk Bersama) merupakan transformasi dari SPMB dulu, dan sekarang dilakukan oleh beberapa PTN diantaranya Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Universitas Malikussaleh Lhokseumawe, Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, Universitas Riau (Pekanbaru), Universitas Jambi, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) Purwokerto, Universitas Negeri Semarang, Universitas Diponegoro, Universitas Palangka Raya – Palangka Raya, dan Universitas Islam Negeri Makassar, sementara Universitas Indonesia tahun ini tidak mengikuti UMB. Pelaksanaan Ujian tanggal 9 Juli 2011.
Meskipun belum semua daftar ujian mandiri PTN bisa saya kumpulkan, namun info yang sedikit ini semoga bisa bermanfaat.
Bagi yang berminat mendaftar, segera mencari info di web perguruan tinggi masing-masing karena jadwal pelaksanaan ujian yang sangat berdekatan sehingga masing-masing mahasiswa baru, khususnya yang belum diterima bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan cepat dan segera setelah pengunguman SNMPTN 2011.
GOOD JOBS!!

 

Untuk info 2012 bisa cek disini. :)

About these ads

4 thoughts on “SNMPTN dan JADWAL Ujian Mandiri

  1. […] Post SNMPTN dan JADWAL Ujian MandiriBobo Fair Surabaya 2011WANITA DAN MISTERINYA […]

  2. haifa says:

    asslmkm mas mau tanya..bagaimana cara pendaftaran ujian mandiri untuk unsoed bagi peserta yang telah terdaftar melalui jalur bidik misi..terimakasih

  3. fadhliputra says:

    mas mau tanya ..
    jalur yg spmk ub itu masih buka ta ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s